PERAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 orang mahasiswa Program Studi PPKn Fakultas Sosial Ekonomi Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengikuti pembelajaran berbasis proyek, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Keterampilan sosial diukur dengan menggunakan skala keterampilan sosial yang valid dan reliabel sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam keterampilan sosial dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pembelajaran berbasis proyek juga membantu siswa untuk berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini dapat membantu mahasiswa untuk lebih siap dalam menghadapi tantangan di dunia kerja dan kehidupan sosial.
Downloads
References
Aida, W., Rohmah, R. A., Prayogi, R., Ips, P., & Pengaraian, U. P. (2020). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.30606/hjimbhttp://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki
Anggraeni, D., Hartati, T., Iswara, P. D., & Riswanto, A. (2022). The Influence of Creative and Fun Learning Models through Project Based Learning ( PjBL ) Methods on Increasing Student Achievement. International Conference on Elementary Education, 4, 163–173.
Gabbard, C., Barton-Arwood, S., & Sawyer, B. (2019). Lifespan motor development. In Human Kinetics. (7th ed.). Human Kinetics.
Helle, L., Tynjälä, P., & Olkinuora, E. (2021). Project-based learning in higher education: A review of recent.
Hermanto, I., & Yusuf, A. (2021). The Effectiveness of Project-based Learning Model to Develop Students’ Social Skills. Journal of Primary Education, 10(2), 173–180.
Kemendikbud. (2011). Empat model pembelajaran dalam kurikulum 2013 (Four learning models in the 2013 curriculum). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/2011
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661
Lu, H. F. (2023). Statistical learning in sports education: A case study on improving quantitative analysis skills through project-based learning. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 32(September 2022). https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2023.100417
Martono, E. P., Solihatun, S., & Prasetyaningtyas, W. E. (2021). Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Terisolir. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 167–174. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5262
Masten, A. S., & Lieberman, M. A. (2021). Developmental psychopathology: Theory and method. In Guilford Press. (4th ed.). Guilford Press.
Moure Abelenda, A., Aiouache, F., & Moreno-Mediavilla, D. (2023). Adapted business model canvas template and primary market research for project-based learning on management of slurry. Environmental Technology & Innovation, 30, 103106. https://doi.org/10.1016/j.eti.2023.103106
Pan, A. J., Lai, C. F., & Kuo, H. C. (2023). Investigating the impact of a possibility-thinking integrated project-based learning history course on high school students’ creativity, learning motivation, and history knowledge. Thinking Skills and Creativity, 47(November 2022). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101214
Riswanto, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa (Influence of Cooperative Learning Model Team Assisted Individualiazation Motivation of Student Learning). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(293), 293–304. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv5n3_11
Riswanto, A., & Aryani, S. (2017). Learning motivation and student achievement: description analysis and relationships both. International Journal of Counseling and Education, 2(21), 42–47. https://doi.org/10.23916/002017026010
Santrock, J. W. (2020). Life-span development. In McGraw-Hill Education (17th ed.). McGraw-Hill Education,.
Santyasa, I. W. (2006). Pembelajaran inovatif: model kolaboratif, basis proyek dan orientasi NOS. In Universitas Pendidikan Ganesha. Universitas Pendidikan Ganesha.
Copyright (c) 2023 Muhammad Fajar Fisdausyi; Ari Riswanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.