Publication Ethic

JKPI adalah jurnal konseling dan pendidikan Islam yang merupakan nasional yang fokus terhadap kajian yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling pendidikan dan terbitkan dua kali setahun dalam bentuk cetak dan online oleh LP2M Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat, Pamekasan. Sehingga hal ini menjelaskan perilaku etis semua pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel di JKPI, termasuk penulis, dewan editorial, dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.

Pedoman Etik Penerbitan

Penerbitan Artikel di Jurnal JKPI menjadi sarana bagi para akademisi di lingkup ilmu Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Artikel-artikel yang di terbitkan pada jurnal JKPI akan di-review metode ilmiah. Karena itu, penting untuk menyetujui standar-standar perilaku etis yang diharapkan untuk seluruh pihak yang terlibat dalam penerbitan, yaitu: penulis, penyunting jurnal, penerbit, dan masyarakat.

LP2M Institut  Agama Islam (IAI) Al-Khairat, Pamekasan sebagai sebagai wadah dalam penerbitan jurnal JKPI bertanggungjawab mengawal seluruh tahap penerbitan secara sungguh-sungguh dan mengakui tanggung jawab etik dan tanggung jawab lainnya. Lembaga selain berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan cetak ulang dan pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh terhadap keputusan editorial, juga berkomitmen untuk membantu komunikasi dengan pengelola jurnal dan/atau penerbit yang lain jika dipandang berguna dan diperlukan.

Keputusan Penerbitan

Penyunting jurnal JKPI bertanggung jawab memutuskan dari artikel-artikel yang diserahkan harus diterbitkan. Validasi artikel memiliki arti pentingnya bagi peneliti/penulis, sehingga pembaca harus selalu mendukung keputusan tersebut. Para penyunting dapat dipandu oleh kebijakan dewan penyunting jurnal dan dibatasi oleh ketentuan hukum sebagaimana yang harus ditegakkan menyangkut pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarism. Penyunting dapat berunding dengan penyunting yang lain atau tim penilai dalam membuat keputusan artikel yang berhak untuk diterbitkan. 

Perlakuan yang Adil

Penyunting selalu menilai naskah berdasarkan kandungan intelektualnya tanpa membedakan ras, gender, orientasi seks, keyakinan agama, asal usul etnik, dan kewarganegaraan penulis.

Kerahasiaan

Para penyunting dan staf penyunting tidak boleh mengungkapkan informasi apapun mengenai naskah yang diserahkan kepada pihak selain penulis, penyunting ahli, dan penerbit.

Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan

Bahan-bahan yang tidak diterbitkan dan diungkap dalam naskah yang diserahkan, tidak boleh digunakan dalam riset penyunting sendiri. Tanpa persetujuan tertulis penulis.

Standar Objektivitas

Penilaian yang dilakukan dalam jurnal JKPI dipastikan secara objektif, adapun Kritik bersifat pribadi terhadap penulis tidak dibenarkan. Penilai harus menyatakan pandangan mereka secara jelas dengan menggunakan argumen yang mendukung.

Pengakuan Sumber

Penilai harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan secara relevan yang tidak dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa suatu observasi, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Seorang penilai juga harus meminta penyunting untuk memperhatikan kemiripan atau tumpang tindih antara naskah yang dinilai dan tulisan lainnya yang telah diterbitkan.

Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau pendapat rahasia yang diperoleh melalui penilaian  harus disimpan rahasia dan tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi. Para penilai tidak boleh menimbang naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang berasal dari hubungan atau koneksi yang bersifat persaingan, kerja sama, atau lainnya dengan penulis manapun, perusahaan, atau lembaga yang terkait dengan tulisan.

Standar Pelaporan

Penulis harus menyajikan laporan yang akurat dari karya yang dibuat dan pembahasan yang objektif tentang signifikansinya. Data pokok harus direpresentasikan secara akurat dalam tulisan. Sebuah tulisan harus mencakup detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mengulangi karya itu. Pernyataan-pernyataan curang atau yang dengan sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Plagiarisme

Pengecekan yang berkaitan dengan  scanning plagiarism, jurnal JKPI menggunakan media Turnitin dan Google Cendekia untuk melihat tingkat plagiarisme pada artikel yang dikiri.