Author Guidelines

Author Guideline

Jurnal Konseling Pendidikan Islam diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Januarii dan Juli. Kami menerima naskah berupa artikel hasil penelitian dan review artikel dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Author dapat mengirimkan naskah secara online melalui OJS pada tautan: https://ejournal.alkhairat.ac.id/index.php/JKPI

Dalam rangka penataan kembali penerbitan jurnal di dalam jurnal konseling Pendidikan islam, diharapkan kepada Author untuk dapat memperhatikan panduan dan templete sesuai dengan yang telah ditentukan. Kami sangat menghargai perhatian anda terhadap jurnal ini. Ketidak sesuaian terhadap panduan dan templete dapat menyebabkan pengembalian artikel yang telah dikirim namun kami akan dengan senang hati menerima kembali setelah author menyesuaikan dengan panduan dan tmplete yang telah ditentukan.

Naskah yang disubmit hendaknya bebas plagiat dan memuat tulisan yang berisi 1.Pendahuluan, 2. Metode Penelitian (bisa meliputi jenis penelitian, teknik analisa data, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah), 3. Hasil Penelitian, 4. Pembahasan, 5. simpulan . Jumlah halaman maksimum 10 halaman ukuran A4 dengan margin left, right, top, bottom masing-masing 2 cm, dan spasi 1,5 pt.

Author pada umumnya tidak dikenakan biaya dalam proses submit, namun terdapat pembiayaan sebesar Rp. 250.000 setelah artikel dinyatakan diterima dan akan dipublish dalam jurnal. Pengelola dapat melakukan perubahan dan penyesuaian.

 Ketentuan Penulisan

Artikel diawali dengan Judul Artikel, Nama Penulis, Alamat Afiliasi Penulis, email, diikuti dengan abstrak yang ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan jenis huruf Times New Roman sebanyak 150-200 kata dan jarak antar baris satu spasi. Jika artikel berbahasa Indonesia, maka abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang baik dan benar. Jika artikel berbahasa Inggris, maka abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris saja. Bagian Abstrak harus memuat inti permasalahan atau pentingnya topik penelitian, tujuan penelitian, metode penelitian, ringkasan hasil temuan yang diperoleh serta simpulan. Abstrak untuk masing-masing bahasa hanya boleh dituliskan dalam satu paragraf saja dengan format satu kolom. Abstrak dilengkapi dengan 3-5 kata kunci.

1.      Pendahuluan

Semua artikel ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia menggunakan font TNR 12pt spasi 1,5 pt maksimal 10 halaman margin 2 cm. Pendahuluan menguraikan latar belakang  permasalahan yang diteliti, isu-isu yang terkait dengan masalah yang diteliti, kajian literature terdahulu (state of art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah dan permasalahan penelitian atau hipotesis. Dibagian akhir pendahuluan harus dituliskan tujuan kajian artikel tersebut.

2.      Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah termasuk metode analisis. Metode penelitian dapat meliputi jenis dan desain penelitian, populasi dan sampel penelitian, metode validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, serta teknik analisis data yang digunakan.

3.      Hasil Penelitian 

Hasil Penelitian dan Pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian. Tuliskan temuan-temuan yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan dan harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab pertanyaan atau hipotesis penelitian di bagian pendahuluan.

4. Pembahasan 

Pembahasan terhadap hasil penelitian dan pengujian yang diperoleh disajikan dalam bentuk uraian teoritik, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil percobaan/penelitian sebaiknya ditampilkan dalam bentuk grafik atau tabel. Untuk grafik dapat mengikuti format untuk diagram dan gambar

5. simpulan 

Kesimpulan mengindikasikan secara jelas hasil-hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya serta kemungkinan pengembangan selanjutnya. Saran bersifat optional menyajikan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut.

6. Daftar Pustaka

Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 50% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar pustaka acuan.
Penulisan Daftar Pustaka sebaiknya menggunakan format APA 6th Edition (American Psychological Association).