PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELARAN DALAM MODEL CONTEKSTUAL THEACHING AND LEARNING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SDN 4, NANGA PINOH SMPN 2 NANGA PINOH DAN SMAN 2 BELIMBING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis pengembangan perangkat pembelajaran dengan model CTL mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam, Wakil kurikulum dan kepala Sekolah. Sumber data Sekunder terdiri dari buku-buku rencana pembelajaran Pendidikan Agama Islam SD, SMP dan SMA, jurnal yang terkait dengan analisis rencana pembelajaran dan website guru. Pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan reduksi data, triangulasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah SDN 4 Nanga pinoh menggunakan metode CTL tidak diterapkan dalam metode pembelajaran tidak sesuai dengan RPP. SMPN 2 Pembelajaran yang di sampaikan dengan guru sesuai dengan RPP yang di sajikan sudah sesuai hanya dalam RPPterlalu singat, fasilitas yang memadai ruangan kelas yang luas, audio visual di tayangkan sesuai RPP sedangkan SMAN 2 Belimbing melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP dan Penggunaan metode dengan CTL sudah di laksanaan sesuai dengan sistematika CTL.
Downloads
References
Biklen, R. C. B. and S. K. (1988). Qualitative Research For Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Aliyn and Bacon.
Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Ctl ( Contextual Teaching And Learning ) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas XI di SMA Negeri 2 Kecamatan Bukik Barisan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358.
Guba, Y. S. L. (1983). Naturalistic Inquiry. London, New Delhi: SAGE Publications.
Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W. (2021). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1(2), 81–94. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.10
Hadi, S. (2016). Pengembangan Desain Pembelajaran Dengan Model Contextual Teaching and Learning Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Asembagus. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 4(2), 193–212. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2639
Jauhari, M. T. (2020). Desain Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. Islamika, 2(2), 328–341. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.855
Kurniawan, R., Yulistio, D., & Purwadi, A. J. (2022). Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Di Masa Pandemi Dan Digitalisasi Sekolah Di SD Negeri 58 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 50–56.
Kurniawan Syah Putra. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Karakter Kurniawan Syah Putra Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Abdur Rauf (STAISAR) Aceh Singkil. 53–73.
Lestari, A. (2017). Penerapan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Upaya untuk Peningkatan Kualitas Lulusan Siswa SD Negeri N0 136917 Kota Tanjungbalai). Jurnal Edu Riligia, 1(3), 414–428.
Limpung, S. M. P. N. (2021). Contextual Teaching And Learning Dalam Pendidikan Agama Islam. Teacher : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2), 123–133.
Lingude, N. P. S. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik di MIN 2 Manado. Journal of Elementary Educational Research, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.30984/jeer.v1i1.40
Mujtaba, I., Rosyidin, D., Holistika, A. A.-J., & 2021, U. (2021). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mempertahankan Student Wellbeing’S Kelas 2 Sd Lab. Jurnal.Umj.Ac.Id, 1(1), 1–10. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/9352
Nur Asyifah Purnama, M. (2019). Analisis dan pengembangan desain pembelajaran pai berbasis karakter. Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(1), 129–139.
Nurhidayat, & Hasri, K. S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar PAI melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Tipe Konstruktivis pada Siswa Kelas XI MIA I SMA Negeri 3 Konawe …. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 11(2), 211–229. Retrieved from https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/192%0Ahttps://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/download/192/189
Putra, P., & Putri, H. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar Islam Pada Masa Pandemi Covid-19. In Wajah Pendidikan Era New Normal. Malang: CV. Pustaka Learning Center.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Romlah. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL), Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru, Di SMP Kota Malang. Progresiva, 4(1), 1–20.
Rosyadi, M. I. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pai Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sma. Quality, 7(2), 64. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.5058
Sastradiharja, E. J., Siskandar, & Khoiri, I. (2020). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Mata Pelajaran Pai Dan Implementasinya Di Smp Islam Asysyakirin Pinang Kota Tangerang. Statement, 10(1), 55–78.
St. Shofiyah. (2020). Pengembangan Model Contextual Teaching and Learning Dengan Komponen Multimedia Pada Mata Pelajaran Pai. Edupedia, 4(2), 81–92. https://doi.org/10.35316/edupedia.v4i2.668
Copyright (c) 2023 Dedeng Rohidin, Sukino, Erwin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.