CERITA RAKYAT SEGENTANG DAN SEGELENG SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN AKHLAK BERBASIS NILAI KEARIFAN LOKAL

  • Mahriwati Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Arif Sukino Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Erwin Mahrus Institut Agama Islam Negeri Pontianak
Keywords: Cerita rakyat, pembinaan akhlak, nilai kearifan lokal

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan cerita rakyat “Segentang dan Segeleng” sebagai upaya pembinaan akhlak berbasis nilai kearifan lokal. Kajian ini merupakan kajian deskriptif kualitatif dengan objek penelitian nilai-nilai kearifan lokal cerita rakyat yang ada di kabupaten Melawi Desa Tanjung Lay. Metode penelitian dengan mempergunakan deskriptif kualitatif yakni menguraikan, memaparkan, dan mendeskripsikan pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita rakyat “Segentang dan Segeleng” yang ada di masyarakat Melawi provinsi Kalimantan Barat. Sumber data dalam bentuk cerita rakyat “Segentang dan Segeleng” yang diperoleh dari informan. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan model mengalir, yakni (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan simpulan. Wujud upaya pembinaan akhlak berbasis nilai kearifan lokal dalam cerita rakyat yang peneliti kaji yaitu bagaimana Segentang dan Segeleng bersikap kepada kedua orang tuanya setelah apa yang telah terjadi. Sebagai seorang anak yang lapang dada dalam menyikapi permasalahan dan tidak menghilangkan baktinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra.Yogyakarta: Media Pressindo.

Handbook Ilmu dan Aplikasi Pendidikan : PT. Imperial Bhakti Utama 2007

Salim, Yulius. 2013.Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Widyatamma

Pressindo

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan : Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Siswanto, Wahyudi, 2013. Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media

Publishing.

Unsriana, Linda “Nilai Kearifan Lokal Dalam Cerita Rakyat Jepang”(Minwa), Jurnal Humaniora, 4, no. 1 (2013): 310-317.

Zulfahnur, dkk. 2007. Teori Sastra. Jakarta: Depdikbud

Warsiman. 2016. Membumikan Pembelajaran Sastra yang humanis. Malang:

Universitas Brawijaya Press (UB Press)

Published
2023-01-31
How to Cite
Mahriwati, Sukino, A., & Mahrus, E. (2023). CERITA RAKYAT SEGENTANG DAN SEGELENG SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN AKHLAK BERBASIS NILAI KEARIFAN LOKAL. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 209-218. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.278