UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOME ROOM PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BOJA

  • Nur Rohmaniah Universitas Ahmad Dahlan
  • Hardi Santosa Universitas Ahmad Dahlan
  • Sumiyem Sumiyem Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Home room, Kemandirian belajar

Abstract

 

Kemandirian belajar merupakan sikap yang wajib dimiliki oleh siswa sebagai peserta didik. Berdasarkan pengamatan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Boja memiliki kemandirian belajar yang rendah. Bedasarkan Nilai PTS (Penilaian Tengah semester) secara daring/ online yang masih dibawah KKM. Banyak siswa kelas VII yang menunda-nunda dalam mengerjakan tugas di google classroom bahkan tidak mengerjakan tugas sama sekali. Dan cara belajar siswa kelas VII masih tergantung terhadap orang tuanya. Hal ini berarti siswa kelas VII dalam kemandirian belajarnya masih kurang dan siswa yang mandiri dalam belajar akan mampu mengatasi masalah belajarnya sendiri dan mampu mengatur dirinya sendiri.

Pelaksanaan bimbingan kelompok melalui Teknik home room pada siklus I selasa, 19 April 2022 dan selasa 26 April 2022 dengan hasil pencapaian kemandirian siswa 20% kategori kurang mandiri, 10% kategori cukup mandiri dan 70% kategori madiri. Dan untuk perbaikan pada Siklus II pada selasa, 24 Mei 2022 dan 31 Mei 2022 menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu 20% siswa kategori cukup mandiri 10% siswa kategori mandiri dan 70% kategori sangat mandiri. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok Teknik home room dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Boja

Published
2022-07-16
How to Cite
Rohmaniah, N., Santosa, H., & Sumiyem, S. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOME ROOM PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BOJA. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 339-349. https://doi.org/10.32806/jkpi.v3i2.150