PENGUKURAN USABILITY APLIKASI ZOOM MEETING SEBAGAI MEDIA E-LEARNING MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE

  • Rachma Gea Fernanda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Suryadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sambas Ali M Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: E-learning, zoom meeting, kegunaan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya penerapan social distancing yang mengharuskan mahasiswa melaksanakan kegiatan pembelajaran secara online dalam rangka mencegah penularan COVID-19. Pada saat pandemi COVID-19 membuat pengguna media e-learning meningkat pesat, hal tersebut membuat kebijakan work from home dari pemerintah sehingga seluruh kegiatan pembelajaran dikelas berganti menjadi pembelajaran online, termasuk di Universitas Negeri Jakarta. E-learning yang banyak digunakan sebagai media pembelajaran online adalah aplikasi zoom. Platfom ini mudah digunakan oleh pengguna laptop atau smartphone. Sebagai platfom yang banyak digunakan tentu perlu dilakukan pengukuran kebergunaan dari aplikasi zoom ini. Kebergunaan ini dapat diukur dari hasil presentase kelayakan yang diperoleh berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada pengguna. Pada penelitian ini kuesioner menggunakan metode use questionnaire berisi serangkaian pernyatan yang telah dikelompokan dalam beberapa aspek use yaitu ease of use (kemudahan pengguna), ease of learning (kemudahan belajar), satisfction (kepuasan), dan usefulness (kegunaan). Hasil yang diperoleh untuk setiap aspek usability yaitu aspek ease of use diperoleh kelayakan 86%, aspek ease of learning diperoleh kelayakan 74%, statisfaction diperoleh kelayakan 85%, dan easy of use diperoleh kelayakan 82%, berarti aplikasi zoom sangat layak digunakan oleh dosen karena apliaksi ini mudah digunakan, mudah dipelajari, memberikan kepuasaan dan berguna sebagai media e-learning di masa pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-31
How to Cite
Fernanda, R. G., Suryadi, E., & Ali M, S. (2022). PENGUKURAN USABILITY APLIKASI ZOOM MEETING SEBAGAI MEDIA E-LEARNING MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(1), 276-287. https://doi.org/10.32806/jkpi.v3i1.99