ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA GEOGRAFI PADA TERM PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE- TIER TEST

  • Wiwin Kobi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Miskonsepsi, tes diagnostik, three-tier test

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi pada mahasiswa geografi Angkatan 2020. Miskonsepsi dapat diidentifikasi menggunakan tes diagnostik three-tier test test ini terdiri dari 20 soal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi miskonsepsi pada mahasiswa geografi Angkatan 2020 terkaiat term pembelajaran yang terdiri dari model pembelajaran, strategi, metode, teknik, sertaa taktik pembelajaran. Miskonspsi  tejadi pada semua sub materi dengan presentase sebesar 70,4% dari 45 mahasiswa. kategori misonsepsi false negative, sebesar (2%) , miskonspsi pada kondisi false positive sebesar  (51%),   dan kategori miskonsepsi murni sebesar ( 18%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2012. (Eds). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arslan, H.O., Cigdemoglu, C., & Moseley, C. 2012. “A Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre-Service Teachers’ Misconceptions about Global Warming,

Greenhouse Effect, Ozone Layer Depletion, and Acid Rain”. International Journal of Science Education, 34(11), 1667-1686.

Cetin-Dindar, A. & Geban, O. 2011. “Development of a three-tier test to assess high school students’ understanding of acids and bases”. Procedia Social and Behavioral Science 15, 600-604.

Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E.L. (1999). “Misconception and the certainty of response index (CRI)”. Physics Education, 34(5), 294-299.

Liliawati, W. & Ramalis, T. R. 2008.“Identifikasi Miskonsepsi Materi IPBA di SMA dengan Menggunakan CRI (Certaintly of Response Index) dalam Upaya Perbaikan Urutan Pemberian Materi IPBA Pada KTSP”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. VI.

Malikha, P dan Mohammad Faizal Amir. 2018. Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B Min Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika, Jurnal Mathemtics Education Jurnal, 1 (2), hal: 75-81

Rahayu, A.A. 2011. Penggunaan Peta Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Jaringan Tumbuhan

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. 2005.Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Taufiq, M. 2012. “Remeiasi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika pada Konsep Gaya Melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Circle) 5E”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia JPII, 2

Yuliati, Y. 2017. Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Ipa Serta Remediasinya

Published
2022-07-31
How to Cite
Kobi, W. (2022). ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA GEOGRAFI PADA TERM PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE- TIER TEST. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 470-477. https://doi.org/10.32806/jkpi.v3i2.350