PEMBELAJARAN IPAS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMK NEGERI 6 SEMARANG

  • Ipah Budi Minarti 3Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang
  • Nur Kayati PPG Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang
  • Novanto Eka Wahyu SMK Negeri 6 Semarang
Keywords: Keterampilan Pemcehan Masalah, Pembelajaran IPAS, Problem Based Learning

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki pada abad 21 adalah keterampilan pemecahan masalah. Namun kenyataannya yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran IPAS masih rendah. Hal ini diperkuat dari data hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 6 Semarang yang menunjukkan bahwa peserta didik pasif dalam pembelajaran yakni, belum berani bertanya dan mengemukakan pendapat ketika pembelajaran berlangsung. Kondisi tersebut juga tampak dari hasil nilai kognitif yang menunjukkan 45,71% peserta didik belum tuntas atau 16 dari 35 peserta didik belum memenuhi kriteria ketuntasan (KKM) sebesar 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah peserta didik SMK Negeri 6 Semarang pada pembelajaran IPAS melalui model Problem Based Learning. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari jawaban LKPD berbasis masalah yang dianalisis menggunakan indikator keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas X Busana 1 memiliki rata-rata 65,62 dengan ketegori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, A., Putriana, D., & Idris, I. S. (2018). Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi. Jurnal Sainsmat, 114-124.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melaui PBL Untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA . Prisma, Prosiding Seminar Nasionar Matematika, 1-9.
Diah, J. R., Tri, E. J., & Wardana, L. (2016). Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Students’ Problem Solving Skill and Self-Efficacy (A Study on IX Class Students of SMP Muhammadiyah). IOSR Journal of Research and Method in Education (IOSR-JRME), 51-55.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif . Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kurniyawati, Y., Mahmudi, A., & Wahyuningrum, E. (2019). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau dari Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematis. Jurnal Riset Pendidikan .
Mursalim, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Biologi Konsep Biodiversitas pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Pangkep. Jurnal Pena, Vol 2, No 2.
Palennari, M., & Rachmawaty, L. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Studi Kasus di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 208-216.
Patingki, A., Mohidin, A. D., & Resmawan. (2022). Hubungan Gaya Kognitif Siswa dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jambura Journal Of Mathematics Education , 70-80.
Permatasari, N. Y. (2014). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger . Jurnal Pendidikan Matematika.
Rahayu , O., Siburian , M. F., & Suryana , A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VII pada Konsep Pencemaran Lingkungan di MTS Asnawiyah Kab.Bogor. Jurnal Edubiologia, 15-23.
Ramadhani, H. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA tentang Siklus Air melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning . Jurnal Ilmiah Kependidikan , 148-153.
Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta. Rombe , Y. P., Murtihapsari, Alberta, F., Yogaswara, R., & Surbakti, P. S. (2021).
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Secara Online Selama
Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 67-74.
Sahertian, D. P., & Hidayati, S. N. (2022). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Berbantuan Artikel Socio-Scientific Issue pada Materi Energi Alternatif. Jurnal Pensa Pendidikan Sains, 1-7.
Sumiantari, N. E., Suardana, I. N., & Selamet , K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia , 12-22.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana. Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap
Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 118-129.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) : Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berfikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 399-408.
Published
2023-07-03
How to Cite
Budi Minarti, I., Kayati, N., Siswanto, J., & Eka Wahyu, N. (2023). PEMBELAJARAN IPAS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMK NEGERI 6 SEMARANG. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 237-243. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i2.338