PANDANGAN FILSAFAT PROGRESIVISME JOHN DEWEY PADA PEMBELAJARAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: KAJIAN STUDI LITERATUR REVIEW
Abstract
Pendidikan dapat menciptakan pengetahuan yang kreatif dan inovatif karena selalu diperbarui. Pendidikan juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, membangun karakter, mencerdaskan kehidupan masyarakat, serta meningkatkan kualitas hidup dan martabat manusia di Indonesia. Salah satu cara untuk menyempurnakan konsep sistem pendidikan nasional adalah melalui pendekatan progresif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memgkaji literatur review dari beberapa temuan penelitian yang telah dipublikasikan pada sebuah jurnal yang terkait dengan pandangan filsafat progresivisme John Dewey yang dilakukan pada pembelajaran kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Berdasarkan telaah literatur, ditemukan bahwa peranan belajar merdeka di perguruan tinggi sangatlah penting dalam pengembangan masyarakat pendidikan Indonesia. Hal ini disebabkan oleh merdeka belajar kampus merdeka merupakan salah satu bentuk percepatan respon terhadap permasalahan pendidikan dan globalisasi. Hal ini juga sejalan dengan kecenderungan progresivisme yang sangat berpengaruh, yang membutuhkan perubahan cepat.
Downloads
References
Ahmad Shodik. (2021). MERDEKA BELAJAR: MENURUT PERSPEKTIF JOHN DEWEY. EUNEUBOK LADA Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 3(2), 6.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). KONSEP MERDEKA BELAJAR PENDIDIKAN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PROGRESIVISME. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973
Indah Sri Pinastii. (2008). EFEKTIFITAS REAL MICROTEACHING PADA PROGRAM PPL I (MICROTEACHING) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI FISE UNY V. DIMENSIA, 2(2), 11–19.
Maelani, R., Mustapa, H., & Saifullah, I. (2019). Progressivisme Manusia Indonesia: Kuantitas Sumberdaya Manusia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 195–214. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/2604
Mindayani, N. (2012). Penerapan Aliran Pendidikan Progresivisme pada Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 NA IX-X. Jurnal Tematik, 2(1), 113–119.
Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.
Nanggala, A, & Suryadi, K. (2021). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme dan Perenialisme. Jurnal Pendidikan …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/31422
Nanggala, Agil, & Suryadi, K. (2021). ANALISIS KONSEP KAMPUS MERDEKA DALAM PERSPEKTIF ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN PROGRESIVISME DAN PERENIALISME. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 14–26.
Sopacua, J, & Fadli, M. R. (2022). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme (The Emancipated Learning Concept of Education in Progressivism Philosophy Perspective). Potret Pemikiran. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/PP/article/view/1413
Sopacua, Jems, & Fadli, M. R. (2022). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme (The Emancipated Learning Concept of Education in Progressivism Philosophy Perspective). Potret Pemikiran, 26(1), 1. https://doi.org/10.30984/pp.v26i1.1413
Copyright (c) 2023 Rina Ari Rohmah, Mahdum, Isjoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.