PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman dalam Konteks Pendidikan Holistik
Abstract
Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman dalam Konteks Pendidikan Holistik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pemikiran filsafat pendidikan Islam dalam pendekatan holistik dan menggali konsep yang relevan. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka dan etnografi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemikiran filsafat pendidikan Islam dapat diintegrasikan dalam pendekatan holistik dengan memperhatikan keberagaman interpretasi, konteks sosial dan budaya, pendekatan interdisipliner, serta pengukuran dan evaluasi yang tepat. Kesimpulannya, implementasi pemikiran filsafat pendidikan Islam dalam pendekatan holistik dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai keislaman dan menghasilkan individu yang seimbang, berakhlak mulia, dan berkontribusi positif pada masyarakat.
Downloads
References
Anugrah, Aditya Muhammad. (2023). The Concept of Moral Education in the Family Based on the Quran Surah Al-Isra’ Verses 23-24. Bandung Conference Series: Islamic Education, Vol. 3. https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.5137
Bahri, Samsul, & Fiqria, Nushadiqah. (2022). Pengarusutamaan Gender dalam Penafsiran Al-Qur’an Menurut Amina Wadud Muhsin. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 19(2), 137. https://doi.org/10.22373/jim.v19i2.13522
Brewer, J. (2000). Ethnography as method and methodology. In Ethnography.
Costello, Leesa, McDermott, Marie Louise, & Wallace, Ruth. (2017). Netnography: Range of practices, misperceptions, and missed opportunities. International Journal of Qualitative Methods, 16(1), 1609406917700647.
Halim, Abdul, & Maskuri, Maskuri. (2021). KOMPETENSI MULTIKULTURAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. PENDIDIKAN MULTIKULTURAL, Vol. 5, p. 120. https://doi.org/10.33474/multikultural.v5i1.10322
Ibrahim, Fathum. (2021). THE CONCEPT OF ISLAMIC EDUCATION A. MALIK FADJAR. Journal of Islamic Education Policy, Vol. 6. https://doi.org/10.30984/jiep.v6i2.1781
Louchakova-Schwartz, Olga, Erdt, Agnieszka, Garcia, Claude A., et al. (2021). I’tibārī concepts in Suhrawardī: The case of substance. Religions, 13(1), 1–18. https://doi.org/10.1163/18778372-04801003
Ma’rufi, Abdul Madjid. (2021). TEACHER’ AND STUDENT’S ETHICAL CONCEPT IN AL GHAZALI’S PRESPECTIVE. Journal of Islamic Education and Pesantren, Vol. 1, pp. 45–60. https://doi.org/10.33752/jiep.v1i1.1751
Mashuri, Saepudin. (2021). INTEGRASI NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DAERAH PASCA KONFLIK. PENDIDIKAN MULTIKULTURAL, Vol. 5, p. 79. https://doi.org/10.33474/multikultural.v5i1.10321
Muzamil, Muzamil. (2020). PENDIDIKN FUTURISTIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PESERTA DIDIK. PENDIDIKAN MULTIKULTURAL, Vol. 4, p. 95. https://doi.org/10.33474/multikultural.v4i1.6718
Sandlin, Jennifer A. (2007). Netnography as a consumer education research tool. International Journal of Consumer Studies, 31(3), 288–294.
Sari, Sapta, Iriantara, Y., Soenendar, R. K., Kurniawati, J., Baroroh, S., Wahidin, U., Hidayat, F. P., Lubis, F. H., Limilia, P., Aristi, N., Gumilar, G., Adiarsi, G. R., Stellarosa, Y., Silaban, M. W., Ainiyah, N., Kurniawan, Y. I., Chasanah, N., Nofiyati, N., ..., Kosasih, E., Rianto, P., Juliswara, V., Sihabudin, A., Sulthan, M., Istiyanto, S. B., Poerwaningtias, I., Rianto, P., Ni’am, M., ..., Fitryarini, I., Purwaningtyas, F., Restianty, A., Rahmi, A., Novianti, D., & Fatonah, S. (2018). Literasi media pada generasi milenial di era digital. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 6(2), 30–42. Retrieved from http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/2678/2243
Sudrajat, Adi, & Sufiyana, Atika Zuhrotus. (2020). FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSEP PEMBELAJARAN HOLISTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, p. 38. https://doi.org/10.33474/ja.v2i2.9086
Waldi, Irfa. (2019). Multikultural dalam Kajian Pendidikan Islam. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, Vol. 5, p. 309. https://doi.org/10.30821/ihya.v5i2.7174
Copyright (c) 2022 Suparjo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.