MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL SISWA INKLUSI

  • Riska Agtiani Putri Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Murtadlo Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Wagino Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
Keywords: Pembelajaran Project Based Learning, Keterampilan Vokasional, Inklusi

Abstract

Pendidikan vokasi sangat penting bagi peserta didik untuk memberikan pengalaman berupa keterampilan agar dapat bersaing dalam dunia kerja. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan vokasional siswa inklusi di SMAN 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan desain pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik inklusi di SMA Negeri 10 Surabaya yang berjumlah 10 orang. Pemilihan peserta didik tersebut didasari oleh karakteristik motorik dan keterampilan vokasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pre test 37,00 meningkat dan hasil post test 70,00. Hasil analisis data menunjukkan Zh 2.80 dan Zt 1.96, maka interprestasinya Ha > Ho. Jadi, Ha diterima, artinya terbukti bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project based Learning bermedia video tutorial untuk meningkatkan vokasional siswa inklusi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Zainal. 2014. Implementasi Pendidikan Life Skill Di Pondok Pesantren Darussalam Blogagung Banyuwangi. Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam. Volume 6 Nomor 1.

Amin, Moh. 1995. Ortopedagogik Anak Tunarungu. Yogyakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.

Amsyaruddin. 2017. Video tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan Memasang Kampas Rem Anak Tunarungu . Jurnal pendidikan Kebutuhan Khusus. Volume 1 Nomor 1

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Cetakan ke-17. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Cahaya, S. Laili. 2015. Buku Untuk ABK. Yogyakarta: Familia

Efendi, Sumarni. 2014. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Video tutorial Pada Mata Kuliah Mekanika Tanah. Solo: Universitas Negeri Solo.

Ghazi, Rabah Human, Amsyaruddin, Irdamurni. 2017.Video

Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan Memasang Kampas Rem Anak Tunarungu . Jurnal pendidikan Kebutuhan Khusus. Volume 1 Nomor 1.

Gunawan, Amrih Agung.2017. Bimbingan Keterampilan Hidup Personal bagi Anak Tunarungu Di SLB Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha. Volume 4 Nomor 1.

Hidayat, Wahyu, Arif Susanto.2018. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Motion Visual Sistem Kopling Mobil Pada Mata Kuliah Sistem Perpindahan Tenaga Di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Teknik Otomatif. Volume 11 Nomor 2.

Irdamurni. 2017. Video tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan Memasang Kampas Rem Anak Tunarungu . Jurnal pendidikan Kebutuhan Khusus. Volume 1 Nomor 1.

Jaya, Hendra. 2017. Keterampilan Vokasional Bagi Anak

Berkebutuhan Khusus Peralatan Dan Perbaikan Alat Elektronika. Makassar: Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.

Karpin. 2017. Evaluasi Lingkup Penilaian Pada Keterampilan Vokasional Di SLB. Jurnal.

Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner. Volume 6 Nomor 1.

Mais, Asrorul. 2016. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: CV Pustaka Abadi

Nugroho, Wahyu Rian, Lilik Chaerul Yuswono. 2016.Penerapan Media Pembelajaran Audio Motion Visual Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. Volume 2 Nomor 1.

Ramdani, Mr. 2015. Implementasi Pendidikan Life Skill Di Pesantren Pertanian Darul Fallah Bogor. Jurnal Implementasi Pendidikan Life Skill. Volume 4 Nomor 2.

Sani Yulvia. 2016. Pengembangan Program Keterampilan

Vokasional untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja bagi Anak Tunarungu di SLBN Bekasi jaya. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia

Smith, Soemantri, Sutjihati.2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Cetakan Keempat. Bandung: Refika Aditama

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian.Bandung: Alfabeta

Sunardi, dan Sunaryo. 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Susanti, Thamrin, Isnawati, Lisdiana. 2012.”Pengembangan Petunjuk Pratikum Genetika Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volume 1 Nomor 2.

Retningsih, Een. 2017 Implementasi Progam Pembelajaran Vokasioanal Bagi Anak Tunarungu. JAASI_Anakku.. Volume 18 no 1

Stockard, Timothy.2018 . The Effectiveness of Direct Instruction Curricula: A Meta-Analysis of a Half Century of Research. Journal of Education. Volume 99. Noor 9. (https://doi.org/10.3102/0034654317751919)

Setiawan, wawan. 2010 Penarapan ModelL Pengajaran langsung (DIRECT INSTRUCTION untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Belajar Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Jurnal Pendiidkan, Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Volume 3 Nomor 1

Published
2023-01-31
How to Cite
Agtiani Putri, R., Murtadlo, M., & Wagino, W. (2023). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL SISWA INKLUSI. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 187-193. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.323