ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS KURIKIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP IT BUSTANUL QUR’AN KABUPATEN MELAWI
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan penilaian autentik berbasis kurikulum 2013 pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini berkenaan dengan perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, dan pelaporan penilaian autentik berbasis kurikulum 2013. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan penilaian autentik dilaksanakan melalui beberapa tahapan yakni dengan menetapkan indikator pencapaian kompetensi, menetapkan kriteria penilaian, membuat instrumen penilaian, menetapkan bobot nilai, dan menetapkan rumus penentuan nilai akhir. Pelaksanaan penilaian kompetensi sikap menggunakan penilaian observasi maupun penilaian jurnal dan terkait kompetensi pengetahuan, guru menggunakan bentuk penilaian tes tertulis, tes lisan, dan penilaian penugasan sedangkan dalam sektor kompetensi keterampilan, guru melaksanakan penilaian kinerja. Dalam proses pelaporan penilaian dianalisis sesuai dengan pedoman penskoran dan dituliskan secara deskriptif naratif selain skor meskipun prosedur pelaporan penilaian dalam kompetensi sikap belum sesuai dengan pedoman penilaian revisi kurikulum 2013 dan pelaporan penilaian kompetensi pengetahuan maupun kompetensi keterampilan dilaksanakan sesuai dengan tuntutan kurikulum.
Downloads
References
A Andry, B. (2020). Coping Mechanism Pada Peserta Didik Sd (studi Kasus Di Sd Islam Terpadu Mutiara Hati Malang). Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.32806/jkpi.v1i1.6
Abdullah, M. (2022). LEMBAGA PENDIDIKAN SEBAGAI SUATU SISTEM SOSIAL (Studi Tentang Peran Lembaga Pendidikan di Indonesia Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Mamba’ul ’Ulum, 38–48. https://doi.org/10.54090/mu.56
Badrus, M. (2018). Pengaruh Motivasi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.33367/ji.v8i2.706
Berlian, I., & Masrufa, B. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMK Al-Kautsar Grogol Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v2i1.421
Iswadi, I., Karnati, N., & Budianto, A. A. (2023). Studi Kasus Desain & Metode Robert K.Yin (Pertama). CV. Adanu Abimata.
Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94
Mufaridah, H., Anggraini, D. M., & Budianto, A. A. (2023). Kurikulum Merdeka Dan Telaah Peran Konselor Di Sekolah. Maddah : Jurnal Komunikasi Dan Konseling Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.35316/maddah.v5i1.2701
Subandriyo, A. W. D. (2017). Evaluasi Kinerja Guru Pasca Kegiatan Kelompok Kerja Guru. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), Article 2.
Syakur, M., & Budianto, A. A. (2021). Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi Covid-19. Maddah, 3(2), Article 2.
Copyright (c) 2023 Aswandi Aswandi; Wahab Wahab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.