DAMPAK PENGGUNAAN MAKE UP TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWI
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dampak penggunaan make up terhadap kepercayaan diri pada mahasiswi FIKOMM UMBY angkatan 2021 dan 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi FIKOMM UMBY Angkatan 2021 dan 2022 sebanyak 298, sedangkan sampel penelitiannya menggunakan teknik sampling Slovin sebanyak 116 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket make up dan kepercayaan diri yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode campuran (mixed-methods). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa make up memiliki pengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri mahasiswa FIKOMM UMBY 2021 dan 2022. Adapun besar pengaruhnya sebesar 64% Sehingga 36% kepercayaan diri mahasiswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Downloads
References
Arikunto, S. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek.Rineka Cipta: Jakarta
United Arab Emirates architecture. (n.d.). Retrieved June 17, 2010, from UAE Interact website: http://www.uaeinteract.com/
Ariani, Alpha. 2014. Hubungan Kecocokan Antara Tipe Kepribadian Dan Model Lingkungan Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa PGSD Universitas Achmad Yani Banjarmasin. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 1 (1) 1-7
Muslihati. 2003. Makna Pekerjaan Bagi Santri Penghafal Al Qur’an (Studi Kasus di Pesantren Nurul Qur’an Kraksaan Probolinggo Jawa Timur). Tesis. Universitas Negeri Malang
Ramadhani, T. N., & Putrianti, F. G. 2014. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Citra Diri Pada Remaja Akhir. Jurnal SPIRITS. Vol. 4 (2) 22-32
Syahida, K. B., 2021. Penggunaan Make Up Terhadap Kepercayaan Diri Wanita Dewasa Awal (Study Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Deni, Amandha Unzilla dan Ifdil. 2016. Konsep Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Educatio, Vol. 2 No. 2. Hal. 43-52.
Elianti, L. D., & Pinasti, V., Indah S., 2018. Makna Penggunaan Make Up Sebagai Identitas Diri (Studi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta). E-Societas Jurnal Pendidikan Sosiologi. Vol. 7 No. 3. Hal. 1-18.
Safitri, Rizka Anggia dan Rini, Afinia Sandhya. 2021. Pengaruh Penggunaan Make Up Terhadap Kepercayaan Diri pada Remaja Putri. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa. Vol. 1, No. 2. Hal 155-171
Sekartini, Dewi. 2020. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Intensi Penggunaan Make Up Pada Wanita Generasi Z. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Rahme, Kamila Alfiana, dkk. 2022. TheI nfluence of NCT127 Brand Ambassador on The “Click” Tooth paste Brand Image in NCT zen. Journal of Research Trends in Social Sciences and Humanities. Vol. 1 No.2. Hal. 95-101.
Bintara, C. S., dkk. 2022. Pengaruh Artis Endorser Terhadap Minat Mahasiswa Membeli Shampoo Pantene. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial (JKOMDIS). Vol. 2 No. 3. Hal. 235-239
Copyright (c) 2023 Wulandari Wulandari; Yosefany Intan Ingtyas , Prima Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.