TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MEMBENTUK ETIKA BERBICARA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI BATUKERBUY 3 KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN
Abstract
Zaman milenial ini penuh permasalahan dan perubahan prilaku serta budi pekerti di sekolah dan masyarakat, maka dari itu guru bimbingan konseling menerapkan teknik sosiodrama untuk membantu memperbaiki permasalahan sosial di sekolah dan masyarakat ini, sehingga dapat mencegah siswa berbahasa kasar kepada orang lain, dan juga membantu siswa agar tidak suka momotong pembicaraan orang lain, melalui teknik sosiodrama siswa akan belajar bagaimana etika berbicara yang baik dan sopan dalam bentuk kegiatan memainkan sebuah peran dimateri bahasa daerah (madura) pada hari kamis jam ketiga di kelas tiga dengan memakai teknik tersebut. Peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan: Bagaimna pelaksanaan teknik sosiodrama di Sekolah Dasar Negeri Batukerbuy 3, dan bagaimana etika berbicara yang dimiliki siswa Sekolah Dasar Negeri Batukerbuy 3 kecamatan pasean kabupaten pamekasan, Dengan teknik penelitian wawancara dan observasi partisipatoris serta wawancara terstruktur, sehingga penulis bisa mendapatkan informasi dan data yang akurat sesuai masalah yang akan dibahas. Dan hasil dari penelitian ini bahwasanya pelaksanaan teknik sosiodrama sangat efektif, dalam membentuk etika berbicara siswa, karena setelah pelaksanaan teknik soiodrama banyak dari siswa-siswi memiliki etika berbicara yang baik dan sopan dalam bahasa maduranya parbhesan yang bagus
Downloads
Copyright (c) 2022 Agustiono Jauhari; Bagus Amirullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.