Pendampingan Metode Cepat Dan Mudah Membaca Al-Qur`An Dengan Menggunakan Metodewahdah, Kitabah, Sima’i, Dan Talaqqi Di Desa Batubintang Kecamatan Batumarmar
Abstract
Penerapan sebuah metode pembelajaran al-Qur`an pada lembaga pendidikan Islam merupakan sesuatu yang mutlak adanya, sementara pengembangan metode-metode pembelajaran al-Qur`an di Indonesia saat ini begitu pesat, ini menunjukkan kesadaran dan gairah masyarakat akan pentingnya mengaji dan mengkaji kitab suci al-Qur`an semakin baik dan senantiasa diupayakan agar terus dikembangkan. Para pakar al-Qur`an telah berupaya untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat akan hal tersebut, sehingga penelitian mengenai metode pembelajaran al-Qur`an telah banyak dilakukan dan cukup menarik perhatian bagi kalangan praktisi pendidikan. Oleh karena itu, kami mengangkat “Pendampingan Metode Cepat dan Mudah Membaca Al-Qur`an dengan Menggunakan MetodeWahdah, Kitabah, Sima’I, dan Talaqqi di desa Batubintang Kecamatan Batumarmar” sebagai program unggulan di bidang pendidikan al-Qur`an. Tujuan utama dari porgram ini, meningkatkan kualitas pengajaran dengan adanya pendampingan dan mengembangkan profesionalisme pendidik. Pendekatan yang dilakukan meliputi, pendekatan partisipatif, penyuluhan, pendampingan, dan integrative. Tahapan yang kami lakukan mulai dari observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Dari program unggulan ini, dengan menggunakan metode sima'i sangat membantu mereka dalam memperbaiki pelafalan, metode wahdah sangat efektif dalam membantu mereka mengingat dan membaca ayat-ayat dengan lebih lancar, latihan menulis dengan kitabah, metode talaqqi yang dilakukan secara intensif membantu mereka memperbaiki kesalahan yang sebelumnya sering mereka lakukan, peserta yang awalnya merasa kurang percaya diri kini menunjukkan kemampuan membaca yang lebih baik dan lebih percaya diri dalam melafalkan ayat-ayat al-Qur`an.
Downloads
References
Ahsin , W. (1994). BImbingan Praktis Menghafal AL-Qur'an. jakarta: Bumi Aksara.
Ifadah, R. (2021). Penerapan Metode Tasmi' dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur'an Siswa MI. Pendidikan Islam , 101-102.
Rizalludin, A. (2019). Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur'an. Khazanah Pendidikan Islam, 23.
Rusyd, R. M. (2015). Panduan Tahsin, Tajwid, Dan Tahfidz untuk pemula. Yogyakarta: Saufa.
Setiadi, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Kitabah Arabiyah Mahasiswa Melalui Metode Tutor Sebaya. Al bayan, 32-39.
Setiadi, S. (n.d.). Peningkatan Keterampilan Kitabah Arabiyah Mahasiswa Melalui Metode Tutor .
Copyright (c) 2024 Abdul Bari; Ubaidillah Ubaidillah, Moh Husnul Khuluq, Moh. Alvan Syauqi, Ahmad Sudaisi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.