PROFIL DAN SIGMENTASI MARKETING MIX DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BMT NU CABANG PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN
Abstract
Semakin berkembangnya lembaga keuangan baik bank maupun non bank di indonesia akan mendorong pihak lembaga keuangan untuk selalu mengoptimalkan kegiatan pemasarannya. Strategi pemasaran merupakan suatu kesatuan rencana yang terpadu dan menyalur agar mengaitkan kekuatan perusahaan dengan lingkungannya yang dihadapinya agar dapat di capainya tujuan perusahaan. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui Profil dan Segmentasi Marketing Mix di KSPPS BMT NU cabang Pasean. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif pendekatan kualitatif dengan staretegi wawancara terstruktur berupa memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan tujuan pnelitian dengan informan yang relevan yaitu nasabah dan perwakilan pengelola BMT NU Cabang Pasean. BMT NU Cabang Pasean melakukan kegiatan pemasaran masih menggunakan strategi marketing mix yang mana strategi tersebut merupakan implementasi marketing mix 4P (place, product, price, and promotion) strategi ini dilakukan dengan cara promosi penjualan, publisitas dan penjualan pribadi. Dalam beberapa kasus yang diterapkan oleh BMT NU Cabang Pasean tingkat penggunaan produk tabungan dan pembiayan menjadi baik dan meningkat dari intensitas penambahan jumlah nasabah. Dengan alasan nasabah lebih mudah dan memahami kelebihan dari produk tabungan dan pembiyaan BMT NU Cabang Pasean temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dapat meningkatkan jumlah nasabah dalam waktu yang lebih cepat dan menjangkau secara luas dengan memanfaatkan media yang ada.
Downloads
Copyright (c) 2022 Abdul Bari, Yuswatun Hasanah, Rika Rika, Sri Indah Agustina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.