PROFIL DAN SIGMENTASI MARKETING MIX DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BMT NU CABANG PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN

  • Abdul Bari IAI Al-Khairat Pamekasan
  • Yuswatun Hasanah IAI Al-Khairat Pamekasan
  • Rika Rika IAI Al-Khairat Pamekasan
  • Sri Indah Agustina IAI Al-Khairat Pamekasan
Keywords: Profil, Segmentasi Marketing Mix 4P

Abstract

Semakin berkembangnya lembaga keuangan baik bank maupun non bank di indonesia akan mendorong pihak lembaga keuangan untuk selalu mengoptimalkan kegiatan pemasarannya. Strategi pemasaran merupakan suatu kesatuan rencana yang terpadu dan menyalur agar mengaitkan kekuatan perusahaan dengan lingkungannya yang dihadapinya agar dapat di capainya tujuan perusahaan. Artikel   ini   bertujuan   untuk   mengetahui Profil dan Segmentasi Marketing Mix di KSPPS BMT NU cabang Pasean. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan  metode  analisis  deskriptif pendekatan  kualitatif    dengan  staretegi wawancara   terstruktur berupa   memberikan   pertanyaan-pertanyaan   yang   berkaitan dengan  tujuan  pnelitian dengan  informan yang  relevan  yaitu nasabah  dan  perwakilan pengelola  BMT  NU  Cabang  Pasean. BMT  NU  Cabang  Pasean  melakukan  kegiatan pemasaran  masih  menggunakan strategi  marketing  mix    yang  mana  strategi  tersebut merupakan  implementasi  marketing  mix  4P  (place, product, price, and promotion) strategi ini  dilakukan  dengan  cara  promosi  penjualan, publisitas  dan  penjualan  pribadi. Dalam beberapa  kasus  yang  diterapkan  oleh  BMT  NU  Cabang  Pasean  tingkat  penggunaan produk tabungan dan pembiayan menjadi baik dan meningkat dari intensitas penambahan jumlah   nasabah. Dengan   alasan   nasabah   lebih   mudah   dan   memahami   kelebihan   dari produk  tabungan  dan  pembiyaan  BMT  NU  Cabang  Pasean  temuan  dalam  penelitian  ini menunjukkan  bahwa  promosi  dapat  meningkatkan  jumlah  nasabah  dalam  waktu  yang lebih cepat dan menjangkau secara luas dengan memanfaatkan media yang ada.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-30
How to Cite
Bari, A., Hasanah, Y., Rika, R., & Agustina, S. I. (2022). PROFIL DAN SIGMENTASI MARKETING MIX DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BMT NU CABANG PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN. Jurnal Ngejha, 1(2), 86-98. https://doi.org/10.32806/ngejha.v1i2.187
Section
Articles