PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DITINGKAT MTS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa pada jenjang menengah pertama se-derajat yakni MTs. Perkembangan dunia pendidikan pada seluruh aspek melingkupi; materi pembelajaran, akses pendidikan, fasilitas pendidikan, semua hal tersebut hendaknya diimbangi dengan peningkatan minat belajar siswa, namun fakta yang dijumpai di lapangan tingkat minat belajar masih kurang. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa di MTs. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur yang mencakup berbagai kajian literatur, artikel, jurnal dan tesis yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa, lingkungan belajar yang efektif dan efisien dapat meningkatkan minat belajar siswa, pengoptimalan lingkungan belajar yang lebih memadai akan mendukung proses pembelajaran sehingga minat belajar siswa akan meningkat.
References
Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Literasi Digital, Pemanfaatan Media Pembelajaran, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 01 Tanjungbumi Bangkalan Madura. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 2098–2117.
Andriana. (2019). Pengaruh Lingkungan Terhadap Minat Belajar PAI di SMP Negeri 39 Kec. Sangkarrang Kota Makassar. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makasar.
Darmawan, D. (2009). Metode Penelitian dan Teknik Praktis Menulis Karya Ilmiah. Metromedia Education, Surabaya.
Darmawan, D. (2023a). Enhancing Enhancing Students’learning Interest: The Role of Teacher’s Teaching Style and Parental Support at SD Negeri Wadungasri Waru Sidoarjo. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1343–1352.
Darmawan, D. (2023b). Model Peran Wirausaha dan Dukungan Sosial untuk Membentuk Minat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa Fakultas Hukum dan Sosial. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 586–593.
Darmawan, D., Issalillah, F., Retnowati, E., & Mataputun, D. R. (2021). Peranan Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Berkomunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 11–23.
Darmawan, D., Retnowati, E., Halizah, S. N., Issalillah, F., Khayru, R. K., Hardyansah, R., & Putra, A. R. (2023). Studi Tentang Pengaruh Keunggulan Kompetitif dan Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Perusahaan. Journal of Management and Economics Research, 1(3), 77–85.
Dewi, I. P., & Ibrahim, I. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Journal on Education, 6(2), 12935–12945.
El-Yunusi, M. Y. M., Mansur, M., Mahmud, A., & Hadi, S. (2023). Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus di SMP Darul Ma’arif Sampang. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 182–195.
Elviana, E. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Citeureup. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fajri, Z. (2019). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa SD/MI. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 110–124.
Hanifah, R. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Pondok Pesantren AnNajiyyah terhadap Minat Belajar Siswa dada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII dan VIII Mts An-Najiyyah Lengkong Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, IAIN Ponorogo.
Hia, E., Hulu., K., & Harefa, A. R. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1 Idanogawo. Journal on Education, 6(1), 6094–6102.
Hidi, S., & Renninger, A. (2006). Model Empat Fase Pengembangan Minat. Pendidikan Psikolog, 41(2), 111–127.
Juaini, A., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Mengajar Guru, dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs NW Kotaraja Lombok Timur, NTB. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(3), 1890–1909.
Laili, N., Darmawan., D., & Yunusi, M. Y. M. E. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran, Metode Pembelajaran, dan Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa SMP Buana Waru Sidoarjo. Khazanah Pendidikan, 18(2), 260–271.
Latif, A., Darmawan, D., & Yunusi, M. Y. M. El. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa MA Al Fatich Tambak Osowilangun Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 290–299.
Lembong, D., Hutomo, S., & Darmawan, D. (2015). Komunikasi Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 57-66.
Marlenin, L. L. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 133-139.
Martina, M., Khodijah., N., & Syarnubi, S. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 164–180.
Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Metode Pemberian Tugas, Interaksi Sosial, dan Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Darul Ulum Tandes Surabaya. Jurnal Tarbawi, 14(1), 39–52.
Nabila, A. (2024). Hubungan Lingkungan Sekolah, Gaya Belajar, dan Locus of Control dengan Hasil Belajar Dasar-Dasar Ketenagalistrikan Kelas. Skripsi, Universitas Negeri Jakarta.
Nada, hrisa Q., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kemandirian Belajar, Gaya Mengajar, dan Interaksi Sosial Terhadap Keaktifan Belajar Siswa SMP Islam Plus Al-Azhar Kota Mojokerto. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 5(1), 201–208.
Nafis, M. A., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). Penggunaan Metode Active Learning dalam Meningkatkan Antusiasme Belajar Mata Kuliah Microteaching Mahasiswa Universitas Sunan Giri Surabaya. Impressive: Journal of Education, 2(1), 12–17.
Nengseh, Y., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Motivasi Belajar, Efikasi Diri, dan Penggunaan Media Sosial Sebagai Penggerak Mandiri Belajar Akademik Siswa UPT SD Negeri 313 Gresik. Jurnal Kajian Agama Islam, 8(3), 65–74.
Noviyanti, D. V., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Bimbingan Belajar, Regulasi Emosi, dan Metode Pemberian Tugas Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Khairunnas Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3717–3729.
Nurhayati, N., & Dewi, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa MTs NW Pringgabaya Lombok Timur. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 1(2), 41–48.
Nurida, W., Tetelepta., E. G., & Manakane, S. E. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 7 Seram Bagian Barat Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 1(3), 227–232.
Palangda, L. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar Ekonomi Peserta Didik di Smkn 4 Makassar. Tesis, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Putra, F. P., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran, Gaya Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Roudlotul Mustashlihin Masangankulon Sukodono Sidoarjo. Journal on Education, 6(4), 18323–18337.
Rachmawati, L. A. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto Kabupaten Banyumas. Skripsi, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri.
Rahayu, E., & Marzuki, M. A. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Attaqwa 01 Babelan Bekasi. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 19–32.
Rahman, D. R. A. (2021). Correlation of School Environment on Students Interest in Learning of Sdn 62 Baturampun Kabupaten Enrekang. Skripsi, Universitas Negeri Makassar.
Roza, N. (2015). Pengaruh Lingkungan Pendidikan Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Mtsn Wonokromo Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, UIN Sunan Kalijaga.
Safitri, S. M., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Dukungan Orang Tua dan Kepercayaan Diri Terhadap Minat Belajar Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 14(1), 77–90.
Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta, Jakarta.
Sumbodo, W. (2010). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Peningkatan Minat Belajar Pai Siswa di SMP Negeri 2 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Umar, H., & Masnawati, E. (2024). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Identitas Remaja. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 191–204.
Widodo, A., & El-Yunusi, M. Y. M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Ilmu Pendidikan Islam di Sekolah. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 15(2), 251–258.
Zain, M. S., & Putra, D. S. (2020). Analisis Lingkungan Belajar: Metode Mengajar, Kurikulum Fisika, Relasi Guru dengan Siswa, dan Disiplin Sekolah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(1), 30–41.
Copyright (c) 2024 Moh. Zidan Rafsanjani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.