IDENTIFIKASI TANTANGAN DAN SOLUSI DALAM IMPLEMENTASI VISI DAN MISI PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP ISLAM PARLAUNGAN
Abstract
Pembentukan Profil Pelajar Pancasila menjadi salah satu prioritas dalam dunia pendidikan Indonesia saat ini. SMP Islam Parlaungan, sebagai salah satu sekolah swasta Islam, berupaya untuk mengimplementasikan visi dan misi sekolah dalam rangka mencapai profil pelajar yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan solusi dalam implementasi visi dan misi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, analisis dokumen, dan survei. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi tantangan-tantangan yang dihadapi dan merumuskan solusi yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan beberapa tantangan utama, di antaranya: (1) pemahaman guru yang belum merata terkait Profil Pelajar Pancasila, (2) kurangnya dukungan sarana dan prasarana yang memadai, (3) keterbatasan waktu dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan pembelajaran, dan (4) kurangnya keterlibatan orang tua dalam mendukung pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Solusi yang direkomendasikan meliputi peningkatan pelatihan dan pembinaan guru, pengadaan fasilitas yang lebih memadai, penyesuaian kurikulum, dan kolaborasi yang lebih erat antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi pihak sekolah dalam upaya mengoptimalkan implementasi visi dan misi pembentukan Profil Pelajar Pancasila di SMP Islam Parlaungan.
References
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).
Azis, A. C. K., & Siregar, W. M. (2022). PERWUJUDAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN VIDEO TUTORIAL DI SD NEGERI 101744 DESA KLABIR KECAMATAN HAMPARAN PERAK.
Hajizah, A. (2024). Penerapan User Experience Dalam Permodelan Sistem Informasi Keuangan. Journal of Information Technology, Software Engineering and Computer Science, 2(1), 1-11.
Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83-94.
Jambak, A. M., Lase, D., Telaumbanua, E., & Hulu, P. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi resistensi pegawai terhadap perubahan organisasi di Kantor Pengadilan Agama Gunungsitoli. Tuhenori: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 22-37.
Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan digital dan solusi yang diterapkan di Indonesia selama pandemi COVID-19. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 187-200.
Lubis, A. F. (2019). Profesionalisme Perwira Hukum Dalam Membangun Visi-Misi Hukum Militer Dalam Rangka Menghadapi Tantangan Tugas TNI Di Masa Depan. Jurnal Media Administrasi, 4(2), 01-16.
Mayani, W. (2024). Strategi pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah di Kota Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).
Muhammad, N., & Murtafiah, N. H. (2023). Strategi Manajemen Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Kontemporer. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 2(2), 41-46.
Musianto, L. S. (2002). Perbedaan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan kualitatif dalam metode penelitian. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 4(2), 123-136.
Pranata, O. D. (2023). Penerapan Game-Based Learning Sebagai Alternatif Solusi Mengajar di Kelas Heterogen. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 8(3).
Purnomo, A., & Sanjaya, Y. (2020). Tantangan Dan Strategi Gereja Menjalankan Misi Allah Dalam Menghadapi Penerapan Industri 4.0 Di Indonesia. DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika, 3(2), 91-106.
Santana, A. (2015). Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Resistensi Terhadap Perubahan Pada Karyawan PT. B.
Siahaan, J. P. (2018). Blended learning, solusi pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0.
Solihah, R. (2018). Peluang dan tantangan pemilu serentak 2019 dalam perspektif politik. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 3(1), 73-88.
Surayya, R. (2018). Pendekatan kualitatif dalam penelitian kesehatan. Averrous: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 1(2), 75-83.
Susilo, D. P., Fadilah, L., & Daroini, R. (2024). Implementasi Pendidikan Hak Asasi Manusia Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9-9.
Wasilah, H. (2020). Upaya mengatasi tantangan pendidikan islam pada abad XXI. Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 21(1), 077-090.
Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1222-1230.
Copyright (c) 2024 Dewi Qurrota Ayun; Eli Masnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.