UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENDISIPLINKAN GURU MI AL IHSAN III B AGUNG DAMAR PAKAMBAN DAYA PRAGAAN SUMENEP
Abstract
Kepala madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru, sehingga guru akan lebih bersemangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta kewajibannya sebagai guru. Hal di sebabkan guru merasa bahwa dirinya mendapatkan perhatian, rasa aman dan pengakuan atas prestasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman kedisiplinan yang dilakukan pada guru. Aspek yang diteliti yaitu Upaya Kepala Madrasah Dalam Mendisiplinkan Guru MI AL IHSAN III B Agung Damar Pakamban Daya Pragaan Sumenep. Dalam penelitian ini metode yang di gunakan adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah dan TU. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunkan adalah reduksi data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triagulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kepala madrasah sudah berupaya mendisiplinkan guru di MI AL IHSAN III B Agung Damar Pakamban Daya Pragaan Sumenep. Upaya-upaya tersebut meliputi: 1. Pembuatan peraturan adalah ketentuan yang telah di tetapkan untuk menata tingkah laku seseorang dalam kelompok organisasi, institusi, atau komunitas. 2.Mengajarkan kebiasaan yang di ajarkan di madrasah. 3. Hukuman berarti suatu bentuk kerugian dan kesakitan yang di jatuhkan pada seorang yang berbuat kesalahan, perlawanan atau pelanggaran sebagai ganjaran maupun pembalasan.
References
Ahmadi, Aministrasi,(Semarang: Toha Putra, 1982,).
Departemen dan kebudayaan RI undang-undang No 2 tahun 2003, tentang system pendidikan nasional ( citra umbara bandng 2003 )
Depdiknas, peraturan mentri pendidikan, ( Jakarta: 2007 )
Dimyati, belajar dan pembelajaran, ( Jakarta: Pt,Renika Cipta,2001 )
Kunandar, guru propesional imp;ementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dan sukses dalam sertifikasi guru, ( Jakarta: raja grafindo, 2009 )
Kurnia Adi &QomaruzzamanBambang,Membangun BudayaSekolah,(Bandung, Simbiosa Rekatama Media, 2012)
Kurniawan Samsul, pendidikan karakter ( Yogyakarta: Ar-Ruzz Media 2016)
M. Daryanto, Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
Maria J. Wantah. Pengajaran Disiplin dan Pembentukan Moral. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Kebudayaan Perguruan Tinggi. 2005.
Miles dan Huberman, Analisis data kualitatif, (jakarta: PT Universitas indonesia, ul-press 1992)
Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006).
Ngalim Purwanto, Administrasi dan supervisi Pendidikan, (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2006).
Nurkholis, manajemen berbasis sekolah, ( Jakarta: Pt,grasindo, 2005 )
Prijodarminto Soegeng, disiplin kiat menuju sukses ( Jakarta: abdi 1994 )
Sugiyono, metode penelitian kuantitaf, kualitatif dan R&D (Bandung: CV. Alfabeta,2014)
Tholib Hasan, Teori dan Aplikasi Administrasi Pendidikan, (Stidia Pres, Jakarta, 2001).
Wahyosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: Grafindo Persada, 2002)
WJS Poerwadarminta, Logat Kecil Bahasa Indinesia, (Jakarta: Pradnya Paramita, 1980).
WJS Poerwadarminta, Logat Kecil Bahasa Indinesia,(Jakarta: Pradnya Paramita, 1980.)
Yasin fattah Penumbuhan Kedisiplinan Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Madrasah(Jakarta: Grafindo Persada, 2002)
Yahya murip , profesi tenaga kependidikan ( Bandung:CV Pustaka Setia, 2013)
Yoga Dwi Anggara, Jurnal Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan, (Yogyakarta,2015).
Zarnuji, ta’lim al- Muta’allim ( Surabaya: Nurul Hidayah t.t )
Copyright (c) 2023 LAILATUL BADRIYAH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.