Strategi Penguatan Usaha Mikro di Lingkungan IAIN Desa Batu Merah Kota Ambon Perspektif Ekonomi Islam
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research),dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakandua jenis sumber data primer dan sekunder yang didapat denganmenggunakan metode observasi dan wawancara, setelah data terkumpul,selanjutnya data dianalisis dengan menggunaan pendekatan deskriptifanalisis. Adapun hasil penelitian yang dilakukan dapat dikatakan bahwa, 1. Strategi penguatan usaha mikro terhadap keberadaan ritel dilingkungan IAIN Desa Batu Merah Kota Ambonyang dimana upaya strategi yang dilakukan oleh pemilik usaha toko tradisional masihsangat minim.Keberadaan Minimarket modern terhadap toko tradisional berdampaknegatif pada omzet, pendapatan dan jumlah pelanggan. Implementasi peraturanpemerintah tentang pasar modern belum berjalan sebagaimana mestinya. 2. Penguatan usaha mikro terhadap keberadaan ritel dalam perspektif ekonomi Islam diperbolehkan dalam ajaran Islam tanpa bertentangan dengan ekonomi Islam. DalamIslam karena strategi dan proses pemasaran dilakukandengan mengimplementasikan konsep pemasaraan secara Islam, yatu nilaiketuhanan (Rabbaniyah), nilai etis (Akhlaqiyyah), realistis (Alwaqi’iyyah)dan humanistis (Insanniyyah). Kegiatan pemasaran selanjutnyadikembalikan pada karakteristik yang sebenarnya yakni religious, beretikarealistis dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
References
Afifuddin, Pengantar Administrasi Pembangunan,Bandung: CV Alfabeta, 2010.
Agustinus Sri Wahyudi, Manajemen Strategik (Pengantar Proses Berpikir Strategik), Jakarta: Binarupa Aksara, 1996.
Agustinus Sri Wahyudi, Manajemen Strategik (Pengantar Proses Berpikir Strategik), Jakarta: Binarupa Aksara, 1996.
Ahmad Dakhoir, Eksistensi Usaha Kecil Menengah dan Pasar Tradisional dalam Kebijakan Pengembangan Pasar Modern, Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, ISSN: 1829-8257; E ISSN: 2540-8232, Vol. 14, No. 01, (Juni 2019), h. 32.
Alyas & Muhammad Rakib, Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros), jurnalSosiohumaniora, Vol. 19, No. 2,(Juli 2017), h. 115.
Berman dan Evans, Retail Management: A Strategic Approach 8th Edition, New York: Macmillan Publishing Company, 2007.
Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Sosial Format-Format Kuantitaf dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga University press, 2001.
Candrawati A. KS, Pasar Modern dan Pasar Tradisional Dalam Gaya Hidup Masyarakat Di Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali,JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik 1, (2015), h. 225.
David, F. R, Manajemen Strategi; Konsep Edisi Kesepuluh, Jakarta: Salemba Empat, 2006.
Dedy Mulyasa, Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi danIlmu Sosial Lainnya), PT Remaja Rosdakarya: Bandung, 2008.
Gerald A. Michaelson dan Steven W. Michaelson, Sun Tzu Strategi untuk Penjualan (SUN TZU Startegies for Selling), (Alexander Sindoro), Batam: Karisma Publishing Group, 2008.
Gilbert, Retail Marketing Management,England: Prentice Hall, 2003.
Hafsah, M. J, Upaya Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Jurnal Infoko,.No. 25,Vol, XX, (2004), h. 43-44.
Hastuti dkk, Upaya Penguatan Usaha Mikro dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Perempuan (Sukabumi, Bantul, Kebumen, Padang, Surabaya, Makassar), Buku II Kerjasama Lembaga Penelitian SMERU dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Jakarta: Lembaga Penilitian SMERU, 2003.
https://ameks.id/ekonomi-ambon-bertumbuh/ diakses pada tanggal 24 April 2021.
Kuncoro, Strategi: Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, Jakarta: Erlangga, 2005.
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda, 2007.
LexyJ. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, PTRemaja Rosdakarya: Bandung, 1989.
M. Syahrul ardiansyah, Strategi Pengembangan Usaha Toko Pulau Biru Surabaya Menggunakan Asset Based Community Development, Skripsi--Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Surabaya2018), h. 25.
Ma’ruf, Pemasaran Ritel, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.
Muhammad Nazir, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia: Jakarta, 1998.
Muhammad, Manajemen Agribisnis, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Pandji Anoraga, Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro, Yogyakarta: PT. Dwi Chandra Wacana 2010.
Rusno, Dampak Pesatnya Minimarket Waralaba terhadap Usaha Kecil (Jenis Ritel), Jurnal Ekonomi Modernisasi, Vol. 4, No. 3, (2008), h. 195.
Sampurno, Manajemen Stratejik: Menciptakan Keungulan Bersaing yang Berkelanjutan, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2010.
Setiawan Hari Purnomo, dkk.,Manajemen Strategi Sebuah Konsep Pengantar, LPFE UI, Jakarta, 1996.
Siti Khotijah, Smart Strategy of “Marketing” Persaingan Pasar Global, Alfabeta, Bandung, 2004.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2010.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Jakarta : UI Press, 1989.
Suyanto&Mardiono, Strategi Persaingan Bisnis Ritel Tradisional dan RitelModern Di Samarinda Utara, Jurnal Ekonomika (Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari'ah)-EKONOMI-UWGM, Vol. 5, No. 2, (2016), h. 56.
Tjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2008.
Tulus T.H. Tambunan, UMKM di Indonesia, Bogor: Ghalia Indonesia, 2009.
Tulus Tambunan, et al, “Kajian Persaingan dalam Industri Retail”, KPPU: Komisi Pengawas Persaingan Usaha), 2004.
William F. Glueck, Manajemen Strategis dan kebijakan Perusahaan, (Murad dan AR. Henry Sitanggang), edisi kedua, Jakarta: Erlangga, 1994
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).