Strategi Penguatan Usaha Mikro di Lingkungan IAIN Desa Batu Merah Kota ‎Ambon Perspektif Ekonomi Islam ‎

  • Ode Kamarudin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon
  • Arif ‎ Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon
Keywords: Saing Penguatan, Usaha Mikro, Ritel Moderen

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research),dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakandua jenis sumber data primer dan sekunder yang didapat denganmenggunakan metode observasi dan wawancara, setelah data terkumpul,selanjutnya data dianalisis dengan menggunaan pendekatan deskriptifanalisis. Adapun hasil penelitian yang dilakukan dapat dikatakan bahwa, 1. Strategi penguatan usaha mikro terhadap keberadaan ritel dilingkungan IAIN Desa Batu Merah Kota Ambonyang dimana upaya strategi yang dilakukan oleh pemilik usaha toko tradisional masihsangat minim.Keberadaan Minimarket modern terhadap toko tradisional berdampaknegatif pada omzet, pendapatan dan jumlah pelanggan. Implementasi peraturanpemerintah tentang pasar modern belum berjalan sebagaimana mestinya. 2. Penguatan usaha mikro terhadap keberadaan ritel dalam perspektif ekonomi Islam diperbolehkan dalam ajaran Islam tanpa bertentangan dengan ekonomi Islam. DalamIslam karena strategi dan proses pemasaran dilakukandengan mengimplementasikan konsep pemasaraan secara Islam, yatu nilaiketuhanan (Rabbaniyah), nilai etis (Akhlaqiyyah), realistis (Alwaqi’iyyah)dan humanistis (Insanniyyah). Kegiatan pemasaran selanjutnyadikembalikan pada karakteristik yang sebenarnya yakni religious, beretikarealistis dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

References

Afifuddin, Pengantar Administrasi Pembangunan,Bandung: CV Alfabeta, 2010.‎

Agustinus Sri Wahyudi, Manajemen Strategik (Pengantar Proses Berpikir Strategik), Jakarta: ‎Binarupa Aksara, 1996.‎

Agustinus Sri Wahyudi, Manajemen Strategik (Pengantar Proses Berpikir Strategik), Jakarta: ‎Binarupa Aksara, 1996.‎

Ahmad Dakhoir, Eksistensi Usaha Kecil Menengah dan Pasar Tradisional dalam Kebijakan ‎Pengembangan Pasar Modern, Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, ISSN: 1829-8257; E ‎ISSN: 2540-8232, Vol. 14, No. 01, (Juni 2019), h. 32.‎

Alyas & Muhammad Rakib, Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah dalam ‎Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros), ‎jurnalSosiohumaniora, Vol. 19, No. 2,(Juli 2017), h. 115.‎

Berman dan Evans, Retail Management: A Strategic Approach 8th Edition, New York: Macmillan ‎Publishing Company, 2007.‎

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Sosial Format-Format Kuantitaf dan Kualitatif, Surabaya: ‎Airlangga University press, 2001.‎

Candrawati A. KS, Pasar Modern dan Pasar Tradisional Dalam Gaya Hidup Masyarakat Di ‎Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali,JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik 1, (2015), h. ‎‎225.‎

David, F. R, Manajemen Strategi; Konsep Edisi Kesepuluh, Jakarta: Salemba Empat, 2006.‎

Dedy Mulyasa, Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi danIlmu Sosial ‎Lainnya), PT Remaja Rosdakarya: Bandung, 2008.‎

Gerald A. Michaelson dan Steven W. Michaelson, Sun Tzu Strategi untuk Penjualan (SUN TZU ‎Startegies for Selling), (Alexander Sindoro), Batam: Karisma Publishing Group, 2008.‎

Gilbert, Retail Marketing Management,England: Prentice Hall, 2003.‎

Hafsah, M. J, Upaya Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Jurnal ‎Infoko,.No. 25,Vol, XX, (2004), h. 43-44.‎

Hastuti dkk, Upaya Penguatan Usaha Mikro dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Perempuan ‎‎(Sukabumi, Bantul, Kebumen, Padang, Surabaya, Makassar), Buku II Kerjasama Lembaga ‎Penelitian SMERU dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Jakarta: Lembaga ‎Penilitian SMERU, 2003.‎

https://ameks.id/ekonomi-ambon-bertumbuh/ diakses pada tanggal 24 April 2021.‎

Kuncoro, Strategi: Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, Jakarta: Erlangga, 2005.‎

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda, 2007.‎

LexyJ. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, PTRemaja Rosdakarya: Bandung, 1989.‎

M. Syahrul ardiansyah, Strategi Pengembangan Usaha Toko Pulau Biru Surabaya Menggunakan ‎Asset Based Community Development, Skripsi--Universitas Islam Negeri Sunan Ampel ‎‎(Surabaya2018), h. 25.‎

Ma’ruf, Pemasaran Ritel, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.‎

Muhammad Nazir, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia: Jakarta, 1998.‎

Muhammad, Manajemen Agribisnis, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.‎

Pandji Anoraga, Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro, Yogyakarta: PT. Dwi Chandra Wacana ‎‎2010.‎

Rusno, Dampak Pesatnya Minimarket Waralaba terhadap Usaha Kecil (Jenis Ritel), Jurnal Ekonomi ‎Modernisasi, Vol. 4, No. 3, (2008), h. 195.‎

Sampurno, Manajemen Stratejik: Menciptakan Keungulan Bersaing yang Berkelanjutan, ‎Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2010.‎

Setiawan Hari Purnomo, dkk.,Manajemen Strategi Sebuah Konsep Pengantar, LPFE UI, Jakarta, ‎‎1996.‎

Siti Khotijah, Smart Strategy of “Marketing” Persaingan Pasar Global, Alfabeta, Bandung, 2004.‎

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2010.‎

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.‎

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Jakarta : UI Press, 1989.‎

Suyanto&Mardiono, Strategi Persaingan Bisnis Ritel Tradisional dan RitelModern Di Samarinda ‎Utara, Jurnal Ekonomika (Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari'ah)-EKONOMI-‎UWGM, Vol. 5, No. 2, (2016), h. 56.‎

Tjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2008.‎

Tulus T.H. Tambunan, UMKM di Indonesia, Bogor: Ghalia Indonesia, 2009.‎

Tulus Tambunan, et al, “Kajian Persaingan dalam Industri Retail”, KPPU: Komisi Pengawas ‎Persaingan Usaha), 2004. ‎

William F. Glueck, Manajemen Strategis dan kebijakan Perusahaan, (Murad dan AR. Henry ‎Sitanggang), edisi kedua, Jakarta: Erlangga, 1994‎

Published
2022-12-22
How to Cite
Kamarudin, Ode, and Arif ‎. “Strategi Penguatan Usaha Mikro Di Lingkungan IAIN Desa Batu Merah Kota ‎Ambon Perspektif Ekonomi Islam ‎”. Jurnal Investi Islam 3, no. 2 (December 22, 2022): 435-458. Accessed June 6, 2023. https://ejournal.alkhairat.ac.id/index.php/investi/article/view/211.
Section
Articles