POLA PEMASARAN PRODUK DI BANK BRI SYARIAH CABANG PAMEKASAN ‎

  • Mat Bahri Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan
Keywords: Pola, Pemasaran, ‎Produk Bank ‎

Abstract

Ada dua permasalahan yang menjadi fokus penelitian, yaitu; pertama,bagaimana pola pemasaran produk yang di terapkan di Bank BRI Syariah Cabang Pamekasan.? Kedua, apa pola pemasaran yang efektif di Bank BRI Syariah Cabang Pamekasan.? Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah ketua pimpinan cabang, manajer marketing, customer service, dan nasabah. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya adalah metode analisis deskriptif-kualitatif. Dari hasil penelitian, diperoleh temuan bahwa: pertama, pola pemasaran produk di Bank BRI Syariah adalah:  seluruh proses dimulai dari analisis pasar mengantarkan  produk ke pelanggan dan menerima umpan balik. Prosesnya bertujuan untuk mengetahui pasar yang tepat bagi produk dan penempatannya  sedemikian rupa sehingga mendapat respon pelanggan yang baik. Ini mencakup promosi dan penjualan produk ke khalayak sasarannya, yaitu calon pembeli dan pelanggan tetap. Berbagai aktifitas yang terlihat dalam pemasaran produk melibatkan analisis pasar, identifikasi permintaan konsumen, perancangan dan pengembangan produk, penetapan harga, penerapan produk baru, komunikasi, periklanan, penentuan posisi, pendistribusian, penjualan, review dan umpan balik. Kedua, Efektivitas pemasaran yang efektif di Bank BRI Syariah Cabang Pamekasan adalah: perkembangannya cukup baik, mengingat indikator penghargaan yang diraih di ukur dari kinerja keuangan atau perolehan laba perusahaan selama 3 tahun terakhir. Tidak perlu di tanyakan lagi bahwa mengamati seorang pemasar melakukan suatu perilaku yang sering meningkatkan kemungkinan bahwa si pengamat melakukan perintah tersebut. Telah tertulis dalam literatur ekonomi bahwa berbagai situasi pemasaran akan efektif mengubah sebuah pasar.

References

Aank Kunaifi, Manajemen Pemasaran Syari’ah (Yogyakarta: Maghza Pustaka,‎
‎ 2016).‎
Ika Yunia Fauzia, ETika Bisnis Dalam Islam,(Jakarta: Kencana Prenada ‎
Media, 2014‎
Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek,PT. Rineka Cipta, Jakarta. 2006.‎
Burhan Nugriantoro, dkk. Statistik Terapan: Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Cetakan Ketiga ‎‎(Revisi). Gajah Mada University Press, Yogyakarta. 2004.‎
Christoper H. Lovelock Dan Lauren K. Wright. Manajemen pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Macana ‎Jaya Cemerlang, 2005.‎
Fajar Laksana. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.‎
Iqbal Hasan. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004.‎
Imam Ghazali. Analisis Multivariate SPSS.,Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. 2005‎
Kasmir, Pemasaran Bank (Jakarta: Kencana, 2010), hlm. 163-164‎
Kasmir, Pemasaran Perbankan, Jakarta: kencana, 2008‎
Tony Wijaya, Manajemen Kualitas jasa, Jakarta: PT. Indeks, 2011.‎
Sentot Imam Wahjono, Manajemen Pemasaran Bank, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.‎
Sofjan Assauri. Strategic MarketingJakarta: Raja Wali Pers, 2012.‎
Tim Penyusunan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Pamekasan: ‎STAIN Press, 2012.‎
Undang-Undang RI No.21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah, hlm. 13.‎
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,Bandung: CV. Alfabeta, 2006.‎
Subagyo. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek,Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2004.‎
Siregar, Metode Penelitian Kulitatif dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan SPSS, hlm. 31‎
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.‎
Sugiono, Statiska Untuk Penelitian, cetakan kesembilan,Alfabeta, Bandung. 2006.‎
Published
2023-04-30
Section
Articles