Workshop Digital Marketing Batik Semarang 16 Di Kota Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah optimalisasi promosi, harga, dan lokasi terhadap minat beli konsumen pada Batik Semarang 16. Yang mana dalam penelitian ini muncul dengan konsep workshop mengenai digital marketing. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data primer yaitu melalui wawancara kepada owner dari batik Semarang 16 dan beberapa peserta workshop yang kemudian dijadikan responden. Sementara data lainnya menggunakan studi literatur sebagai data sekunder sesuai keperluan penelitian. Hasil workshop penelitian yang mendalam menunjukkan bahwa meskipun promosi melalui digital marketing di platform-platform populer seperti Instagram dan website telah diterapkan secara luas, metode ini belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen secara signifikan. Selain faktor promosi, berbagai elemen lain, seperti penetapan harga yang kompetitif dan lokasi strategis dari produk atau layanan yang ditawarkan, juga berperan penting dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Analisis data penjualan yang dilakukan selama periode tertentu menunjukkan adanya fluktuasi yang cukup mencolok dalam angka penjualan sepanjang tahun, dengan penjualan tertinggi tercatat pada bulan Maret dan terendah pada bulan Juli. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat faktor-faktor musiman atau peristiwa khusus, seperti hari raya, festival belanja atau adanya bazaar yang secara langsung memengaruhi minat beli konsumen, sehingga perlu diperhatikan dalam strategi pemasaran ke depan
Downloads
References
Ayumi B. dan Budiatmo, A. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Hypermart Paragon Semarang).
Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2014). Manajemen pemasaran. In BPFE: Yogyakarta. Buchari Alma.
Fatoni N., Mirfak. (2020). Analisis Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Produk Batik Tulis (Studi Kasus Pada Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo).
Hardiansyah, R. (2019). Pengaruh Suasana Toko, Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Beli Di Toko Roti Morning Bakery. Jurnal Bening, 6(1), 214. https://doi.org/10.33373/bening.v6i1.1798
Kotler, P. and Keller, Kevin L. (2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey. Pearson Pretice Hall: Inc.
Lasmiatun, KMT. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Restoran Sugar and Spice. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Lasmiatun, KMT. (2021). Research Method Kualitatif & Kuantitatif. Ekonomi Syariah.
Memah, Leonardo, et.al. (2015). Pengaruh knowledge sharing terhadap kinerja karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 1, 1-9.
Mustika, W., & Kurniawati, D. M. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Handuk Pada Marketplace “X.” Serina Iv, 709–716
Philip, Kotler & Amstrong. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhalindo
Rifki F. M. (2020). Pengaruh Promosi, Harga dan Lokasi Terhadap Minat Beli Case (Sarung) Handphone Pada Althaf Cell Pangkalpinang.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Sulistyorini S., dkk. (2019). Artikel Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, dan HOTS Pada Guru SD Di Kota Semarang.
Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. (2012). Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press.
Soeharso, S. Y., & SPsi, S. E. (2020). Psikologi Bisnis-Paradigma Baru Mengelola Bisnis. Penerbit Andi.
Tjiptono. (2018). Strategi Pemasaran Edisi ke 4. Yogyakarta: ANDI.
Utomo N. W. (2021). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk H&M di Jakarta Barat. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i3.11866
Copyright (c) 2024 Lasmiatun Lasmiatun; Ari Dwi Astono , Eka Nurlita, Shafiyah Ainur Rafi’ah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.