PENDAMPINGAN DAN PEMBINAAN MENGAJAR AL QUR’AN BAGI GURU NGAJI DI DESA SANA DAYA

  • Moh Dannur IAI Al-Khiarat
Keywords: Pembinaan, Al Qur’an, Guru Ngaji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pengajaran para guru ngaji di Desa Sana Daya, Pamekasan, Madura, melalui program pendampingan dan pembinaan mengajar Al-Qur’an. Mengingat tantangan yang dihadapi para guru ngaji, seperti keterbatasan dalam metode pengajaran, pemahaman tajwid, dan minimnya dukungan dari masyarakat dan pemerintah, penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Pendekatan PAR dipilih karena memungkinkan kolaborasi aktif antara peneliti dan partisipan, dengan fokus pada pemberdayaan dan perubahan langsung. Proses penelitian dimulai dengan identifikasi masalah melalui observasi dan diskusi kelompok terarah, diikuti dengan perancangan program pendampingan yang melibatkan pelatihan intensif tentang metode pengajaran yang lebih efektif. Pelatihan ini melibatkan praktisi dan ahli dalam bidang pendidikan agama, yang memberikan wawasan baru kepada para guru ngaji. Selama dan setelah program, dilakukan observasi partisipatif dan sesi refleksi untuk mengevaluasi dampak dari pembinaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri dan kemampuan mengajar para guru ngaji. Mereka mulai menerapkan metode pengajaran yang lebih interaktif, yang berdampak positif terhadap partisipasi siswa dan pemahaman mereka tentang Al-Qur’an. Selain itu, terjadi pergeseran positif dalam keterlibatan masyarakat dalam mendukung pendidikan Al-Qur’an di desa tersebut. Kesimpulannya, pendekatan PAR berhasil memberdayakan para guru ngaji, meningkatkan kualitas pengajaran, dan mendorong partisipasi komunitas yang lebih aktif. Penelitian ini merekomendasikan keberlanjutan program pembinaan dan dukungan berkelanjutan dari pemerintah dan masyarakat untuk menjaga dampak positif ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahrurrozi, Irpan, Z., & Zaenuddin. (2022). Pendampingan Baca Tulis Al Qur’an Bagi Anak-Anak Di Dusun Medas Barat Koko Desa Taman Sari Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Lampu : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), Article 2.
Inten, D. N., Aziz, H., Mulyani, D., & Nurhakim, H. Q. (2023). Pendampingan Guru Madrasah Diniyyah dalam Melaksanakan Pembelajaran Literasi Al-Qur’an melalui Model PAIKEM. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2259–2266. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5552
Mahbubah, L., & Rabbani, D. B. (2023). Pendampingan Guru TPQ melalui Pelatihan Metode at-Tanzil di Desa Nyalabu Dhaja. Tepis Wiring: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 112–118. https://doi.org/10.33379/tepiswiring.v2i1.2500
Mastur, M., Indramawan, A., Dianto, A. Y., & S, D. F. (2022). Pelatihan Intensif Metode UMMI Dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru Al-Qur’an Di Desa Pisang Kecamatan. NGALIMAN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), Article 1.
Muniarty, P., Wulandari, W., Ansyarif, A., Nurchairunisyah, N., Sari, F. M., Lalung, J., Fitrianingsih, A., Zidan, M. Z., Tupriatna, M., Supratman, S., Yuliantin, A., Hidayat, E., Islahulkhair, I., Nuraini, U., Agustina, A., Hermanto, B., Akbar, T. L., Amalia, A. I. P., Wahidah, W., … Lestari, D. A. (2021). Pendampingan Baca Tulis Al Quran bagi Anak-Anak di Lokasi KKN Kelurahan Dodu Kota Bima. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), Article 2.
Nisa, K. M., Mujani, A., & Romdhoni, A. A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Pemahaman Baca Al Quran Di Desa Gunungsari Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Diplomasi : Jurnal Demokrasi, Pemerintahan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.58355/dpl.v1i1.11
Purwanza, S. W. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN KOMBINASI. Cv. Media Sains Indonesia.
Salsabilla, T., Aditiya, E., Hidayat, T., & Khairunnisa, N. A. (2024). PENDAMPINGAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA ANAK MELALUI KEGITAN MENGAJI DI MADRASAH AS-SYIFA DESA KARANGANYAR. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(2), Article 2.
Tabri, M., Kustati, M., & Gusmirawati. (2023). PENDAMPINGAN BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN METODE TABARAK DI MASJID AT-TAQWA KOTO PANJANG. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(06), Article 06.
Published
2023-04-28
How to Cite
Dannur, M. (2023). PENDAMPINGAN DAN PEMBINAAN MENGAJAR AL QUR’AN BAGI GURU NGAJI DI DESA SANA DAYA. Jurnal Ngejha, 2(2), 264-271. https://doi.org/10.32806/ngejha.v2i2.362
Section
Articles