PENDAMPINGAN DAN PEMBINAAN MENGAJAR MENGAJI DI LEMBAGA TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN AL MA’RUF DI DESA BALUNGANYAR KECAMATAN LEKOK
Abstract
Keberadaan tempat ibadah berbentuk musala ini diharapkan dapat memfasilitasi berbagai kegiatan keagamaan, seperti acara pengajian yang disponsori oleh Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ). Terutama pada sistem pembelajaran informal (keagamaan) masyarakat, TPQ memegang peranan yang cukup besar. Dengan ini, kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan membantu mengajar al qur’an yang berpatokan pada generasi muda yang akan mewujudkan generasi penerus bangsa. Target dari proyek pengabdian masyarakat ini adalah untuk peningkatan baca, tulis serta menghafal al qur’an pada anak-anak. Dilakukan di Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Ma'ruf di Desa Balunganyar, Kecamatan Lekok. Luaran akhir dari program ini menunjukkan bagaimana motivasi dan pemahaman anak terhadap Al-Qur'an serta kelebihannya karena pembelajaran Al-Qur'an di Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Ma'ruf memberikan pengaruh yang baik bagi masyarakat. kehidupan. Tanggapan positif juga diterima terhadap program ini, yang diperkirakan akan berlangsung tanpa batas waktu. Tujuan utama proyek pengabdian masyarakat ini adalah untuk: 1) memudahkan pemahaman Al-Quran bagi siswa; 2) menggugah minat dan bakat anak baca Al-Qur'an; dan 3) mendorong kebiasaan baca Al-Quran sebagai salah satu cara untuk mengurangi hal negatif globalisasi dan pesatnya majunya teknologi informasi. Proyek ini telah dilaksanakan dengan sempurna. Proyek ini telah dilaksanakan secara penuh dan sukses
Downloads
References
Fazalani, R. (2022). Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Minat Anak Dalam Membaca Al-Qur’an Selama Pandemi Covid-19. Indonesia Berdaya, 3(3), 595–604. https://doi.org/10.47679/ib.2022271. Implementasi Program Baca Tulis AlQur’an Untuk Meningkatkan Minat Anak Dalam Membaca Al-Qur’an Selama Pandemi Covid-19. Indonesia Berdaya, 3(3), 595–604. Https://Doi.Org/10.47679/Ib.2022271.
Hadi, S. (2018). Konsep sabar dalam Al-Qur’an. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 1(2), 473-488.
Hamid, A. (2022). Pengantar Studi Al-Qur'an. Prenada Media.
Hayatun Fardah Rudi Arifin. Belajar Al Qur’an Strategis Siapkan Generasi Qur’ani. http:// www.depag.go.id., (11 September 2015).
Hermawan, I. Y. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 39. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i1.183. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 39. Https://Doi.Org/10.25157/Diksatrasia.V1i1.183.
Muddzakkir AS. (2007). Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. Jakarta: PT. Pustaka Litera Antarnusa,11.
Muhbib Abdul-Wahab, Epistemologi dan metodologi pembelajaran bahasa Arab (Jakarta : Lembaga Penelitian Uin Syarif Hidayatullah, 2008).
Mustofa, Syaiful. Strategi pembelajaran bahasa arab inovatif. Malang: UIN Malang Press, 2011.
Nata, A. (2018). Pendidikan Islam di era milenial. Conciencia, 18(1), 10-28.
Nur, A. (2021). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 28-36.
Rafi Andi Wibawa. Pendidikan Baca Tulis Al Qur’an (BTQ). Di SMK Muhammadiyah Jawa Timur. Halaqah: Islamic Education Journal 2, Desember 2018, 182-189 ISSN 2503- 5045.
Copyright (c) 2024 Siti Ma’rifatul Mahbubah; Aulia Ainindia Wanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.