ANALISIS KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP TABUNGAN MUDHARABAH (TABAH) DIKOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH BMT NU JATIM CABANG KADUR PAMEKASAN
Abstract
Laporan yang berjudul ''analisis kepuasan anggota terhadap tabungan mudharabah (tabah) di KSPPS BMT NU jatim cabang kadurpamekasan, bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan: yaitu 1) apa yang dimaksud dengan tabungan mudharabah (tabah). Dan 2) bagaimana faktor dan tingkat kepuasan anggota di KSPPS BMT NU Jatim cabang Kadur. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa itu tabungan mudharabah, dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota pada KSPPS BMT NU Jatim cabang Kadur serta untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan anggota KSPPS BMT NU Jatim cabang kadur. Kepuasan konsumen menjadi penting dalam kelangsungan hidup suatu usaha, terutama untuk lembaga keuangan syariah seperti KSPPS BMT NU Jatim cabang kadur. Kepuasan anggota menjadi sasaran dan sebagai alat pemasaran yang utama bagi perusahaan dalam bidang jasa.
Metode penelitian yang digunakan dalam laporan ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan objek penelitian yaitu anggota dan karyawan KSPPS BMT NU Jatim cabang kadur. Tabungan mudahrabah merupakan suatu simpanan yang bisa mempermudah anggotanya dikarnakan setoran serta penarikan dapat dilakukan kapan saja serta dapat memperoleh keuntungan bagi hasil 40% menggunakan akad mudharabah muthlaqah. Dimana setoran awal Rp. 10.00 dan selanjutnya minimal Rp. 2.500. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah yaitu: kualitas layanan yang diberikan, menfaat yang diperoleh, fasilitas yang tersedia, dan apabila anggota merasa puas maka anggota akan loyal terhadap BMT dan bersedia merekomindasikan kepada lingkungan disekitar
Downloads
Copyright (c) 2022 Susilawati Susilawati, Malikal Mulkiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.