HUBUNGAN PENGGUNAAN SARANA DAN PRASARANA DENGAN KEEFEKTIFAN KONSELING INDIVIDU DI SMK HARAPAN BANGSA KABUPATEN PASAMAN

  • Nuraisyah Nuraisyah Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Budi Santosa Universitas Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi
Keywords: Sarana dan prasarana, konseling individu, SMK

Abstract

Latar belakang penelitina ini dikarenakan ruang BK di sekolah hanya berukuran 4m x 5m,yang mana ruang BK di dalam sekolah masih belum memadai karena belum terpenuhinya fasilitas yang dapat digunakan untuk melakukan proses konseling yang efektif seperti ruangan konseling individual, ruang konseling kelompok dan ruang konsultasi dengan orang tua siswa, dan sekolah belum menyediakan ruangan yang layak untuk melakukan konseling bagi para siswa yang ingin berkreativitas dalam kegiatan konseling seperti PIK-R. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional melakukan penelitian lapangan (field research), yaitu mengumpulkan data langsung dari lapangan atau lokasi penelitian.Penelitian korelasional yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik instrument penelitian. Metode analisis intrumen dengan menggunakan validitas instrument, reabilitas dan instrument.

Hasil penelitian yaitu sarana dan prasarana konseling sangat dibutuhkan untuk efektifitas layanan konseling yang akan dilakukan. Agar proses konseling yang dilakukan anatara guru BK dan Siswa dapat berjalan dengan baik dan terhaga kerahasiaanya. Dari efektifitas layanan konseling individu dapat disimpulkan tidak sesuai bahwa terdapat 16 orang siswa dengan persentase 23 % yang memiliki kategori sangat sesuai, 14 orang siswa dengan jumlah persentase 54% dengan kategori sesuai, 6 orang siswa memperoleh persentase 23%. data variabel penggunaan sarana dan prasarana kondengan dengan keefektifan layanan konseling individu dapat didistribusikan secara normal. hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan sarana dan prasarana konseling dengan keefektifan layanan konseling individu di SMK Harapan Bangsa Pasaman sebesar 0,540. Perolehan koefisien korelasi sebesar 0,540 jika dikonveksikan dengan tabel interpretasi nilai “r” maka termasuk kategori sesuai

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Budi Santosa, Universitas Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi

 

 

References

Bafadal Ibrahim: 2008.manajemen Perlengkapan Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara
Bhakti putra ckara: Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Bimbingan dan KonselingDi Sekolah Menengah Di Kabupaten Gunung Kidul.Jurnal Pendidikan (teori dan praktik) Volume 2 Nomor 2 Tahun 2017 e-ISSN: 2527-6891
Bungin, Burhan: 2007,Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Public dan Ilmu Sosial Lainnya,Jakarta
Elizabeth B. Hurlock: 2002,Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga
Emizar, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data, Jakarta
Fatin Intisar, dkk. 2015.Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling. Jakarta. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1), 25-31
Hallen, 2005, Bimbingan dan konseling, Jakarta: P. Quantum Teaching
Hibana S. Rahma, 2003, Bimbingan dan Konseling Pola 17, Yogyakarta: UCY Press
Kamaluddin Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17.No, .4 Juli 2011
Koentjoro, 1983,Metode Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta
Lutfiana leli: Hubunagan antara pengguna sarana dan prasarana konseling dengan keefektifan layanan konseling individu di SMP 21 Semarang. diakses pada tanggal 03 juli 2020 pada jam 16:30
Margono. 2008,Metodologi Penelitian, Cet. Ke-6, Jakarta
Muri Yusuf : 2013. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Gabungan, Padang
Mustari Mohammad, 2002, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada
Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung
Permana Ati Eko: Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara. 2015. Universitas Ahmad Dahlan
Prayitno, 1997. Pelayanan Bimbingan dan Konseling, Padang: IKIP
Sugiono, 2009,Metode Penelitian Pendidikan, Bandung
Susanto, Ahmad : 2018, Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Konsep, Teori, dan Aplikasinya, Jakarta: Prenada Media Grup
Tidjan SU, Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah
Undang-Undang RI No.2 Tahun 1989. Pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Willis S. Sofyan, 2005. Konseling Individual Teori dan Praktek, Bandung: Quantum Teaching
Published
2023-01-13
How to Cite
Nuraisyah, N., & Santosa, B. (2023). HUBUNGAN PENGGUNAAN SARANA DAN PRASARANA DENGAN KEEFEKTIFAN KONSELING INDIVIDU DI SMK HARAPAN BANGSA KABUPATEN PASAMAN. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 61-69. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.235