PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA SETINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini menggunakan studi literatur yang mengkaji pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa setingkat Sekolah Menengah Pertama, yang meliputi norma, nilai, dan kebiasaan yang berlaku di lingkungan sekolah. Pada jenjang SMP, budaya sekolah menjadi peran penting dalam meningkatkan karakter siswa karena masa SMP adalah masa kritis dalam pembentukan kepribadiaan. Berdasarkan tujuan penelitian tidak lain untuk mengidentifikasi aspek budaya sekolah yang ada, mengevaluasi karakter siswa, dan meneliti sejauh mana budaya sekolah berpengaruh terhadap karakter siswa. Studi ini menerapkan metode kajian literatur melalui analisis terhadap berbagai sumber ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya sekolah memiliki peran signifikan dalam pembentukan karakter siswa, sehingga perlu diperhatikan bahwa sekolah dengan budaya yang positif dan mendukung berhasil membentuk siswa yang lebih bertanggung jawab, peduli, dan berintegritas tinggi.
References
Akmal, M. N., El-Yunusi, M. Y. M., Hardyansah, R., Putra, A. R., Darmawan, D., Masnawati, E., & Hariani, M. (2024). Pendampingan Baca Al-Qur’an: Penyelenggaraan Kegiatan Tahsin Tilawah Al-Qur’an Sebagai Upaya Penyempurnaan Bacaan Al-Qur’an Santri. Pelayanan Unggulan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, 1(2), 6–17.
Andika, N. J., Setiawan, F., Abd Wahab, J., Rona, S., & Wijaya, M. I. 2021. Pengaruh Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Pakem. Arus Jurnal Pendidikan, 1(3), 147-152.
Aziz, M. I., & Ana. R. F. R. 2022. Peran Budaya Sekolah Dalam Membangun Karakter Religius Siswa Kelas 5 SDIT Surya Melati Bandung Tulungagung. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 02(02), 138–44.
Budiman, S. A. 2018. Pengaruh Budaya Sekolah Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 5(1), 47-60.
Darmawan, D. (2006). Metodelogi Penelitian Sebuah Pengantar. Metromedia Mandiri Pustaka, Surabaya.
Darmawan, D. (2009). Metode Penelitian dan Teknik Praktis Menulis Karya Ilmiah. Metromedia Education, Surabaya.
Dena, S., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Budaya Sekolah, Hasil Belajar PAI, dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 4 Surabaya. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(6), 3333-3349.
Djazilan, M. S., & Darmawan, D. (2022). The Influence of Parenting Style and School Culture on the Character of Student Discipline. Studi Ilmu Sosial Indonesia (SISI), 2(1), 53–64.
El-Yunusi, M. Y. M., Alam, M. B., & Rodliyah, N. A. (2023). Hakikat Nilai Dasar Penanaman Pendidikan Karakter Pada Peradaban Agama Islam. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(2), 173–191.
Firmansyah, B., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kompetensi Guru Pai, Perhatian Orang Tua, dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MA Unggulan Nur Al-Jadid Waru Sidoarjo. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu pendidikan, 4(3), 203-214.
Hamid, A. 2013. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SMK Salafiah Prodi TKJ Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 142.
Hariyadi, A., Jenuri, J., Darmawan, D., Suwarma, D. M., & Pramono, S. A. (2023). Building of the Pancasila Character with Religious Harmony in the Globalization Era. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2126–2133.
Hariyadi, A., Jenuri, J., Darmawan, D., Suwarma, D. M., & Pramono, S. A. (2023). Building of the Pancasila Character with Religious Harmony in the Globalization Era. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2126–2133.
HD, A. A., & Darmawan, D. (n.d.). The Influence of Classroom Management and the Use of Learning Media on Increasing Student Learning Motivation. Hikmah, 20(2), 372–382.
Hutomo, S., D. Akhmal. D. Darmawan. & Yuliana. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Addar Press, Jakarta.
Idris, I. I. 2022. Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa SMPIT Al-Fityan School Gowa. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.
Jumari, J. 2023. Pengaruh Budaya Sekolah 5S Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa Di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang. Education, Learning, and Islamic Journal, 5(1), 70-82.
Kamsa, K. 2022. Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 KERTASEMAYA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 41-49.
Lembong, D., Hutomo, S., & Darmawan, D. (2015). Komunikasi Pendidikan. IntiPresindo, Bandung.
Lickona, T. 2012. Educating For Character. Canada: Irvin Parkins Associates. Inc Batam Books.
Manurung, D. J., Suntoro, I., & Yanzi, H. 2018. Pengaruh Budaya Sekolah Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(12), 1-13.
Masfufah, M., & Darmawan, D. (2023). The Role of Parents in Preventing Gadget Addiction in Early Childhood. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(3), 33–38.
Masnawati, E., & Kurniawan, Y. (2023). Empowering Minds: Unraveling the Impact of Information Technology and Technological Integration in Academic Environments on Learning Outcomes. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(1), 17–20.
Masnawati, E., Aliyah, N. D., Djazilan, M. S., Darmawan, D., & Kurniawan, Y. (2022). Dynamics of Intellectual and Creative Development in Elementary School Children: The Roles of Environment, Parents, Teachers, and Learning Media. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(1), 33–37.
Muhyi, A. 2022. Budaya Sekolah Dan Pembelajaran PAI Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(2), 9-20.
Mutohar, P., Trisnantari, H., &, M. 2021. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Model Pembelajaran Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Karakter Siswa dalam Beradaptasi dengan Lingkungan Sekolah. Jurnal UCYP Press, 3(2), 35-42.
Nandini, P., Supriadi, S., Ilmi, D., & Arifmiboy, A. 2022. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Karakter Religius pada Siswa MAN 2 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 307-317.
Nurdin, A. 2020. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(02), 175-184.
Purnamasari, D. D. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 11 Kota Bandung. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia.
Putri, S. I. 2020. Pengaruh Budaya Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas VIII SMPN 1 Mlarak Ponorogo. Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo.
Rafiuddin, A., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial Siswa Dengan Guru, Teman Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa MA Miftahut Thullab Sampang. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 146–167.
Rizal, M. I., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Literasi Digital, Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar: Kontribusinya terhadap Prestasi Akademik di SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(2), 905-917.
Rooselia, Y., Jurusan, L., Guru, P., & Dasar, S. 2021. Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544–1550.
Samani, D. M. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rodaskarya, Jakarta.
Silkyanti, F. 2019. Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36-42.
Siregar, M. D., Rahman, Y., & Monia, F. A. 2024. Pengaruh Penerapan Budaya Sekolaah Islaki Terhadap Karaktrer Religius Siswa SMP NEGRI 2 BUKITTINGGI. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(5), 756-766.
Sopian, M. (2016). Pengaruh Budaya Sekolah Dan Keteladanan Guru Terhadap Karakter Siswa SMP Trampil Jakarta Timur. Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta.
Suparno, Paul, SJ. 2015. Pendidikan Karakter di Sekolah, PT. Kanisius, Yogyakarta.
Suwardani, N. P. 2021. Quo Vadis Pendidikan Karakter Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermartabat, In UNHI Press.
Wulandari, N. I., Andayani, S., Suharto. 2023. Pengaruh Pendidikan Karakter dan Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan. 3(1), 39-49.
Yarmi, G., & Wardhani, P. A. 2020. Pendidikan Anak Usia Dini Efektivitas Pengembangan Karakter melalui Fun Garden of Literacy bagi Anak Usia 7 Tahun Abstrak. Jurnal Obsesi, 4(2), 1068-1075.
Zamroni, 2011. Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural. Gavin Kalam Utama, Jakarta.
Copyright (c) 2024 Maria Widya Wanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.