PENERAPAN METODE TIME TOKEN ARRENDS UNTUK MENJADIKAN SISWA AKTIF DAN TERAMPIL BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH BAITUL HIKMAH PANAAN PALENGAAN PAMEKASAN
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode time token Arends dalam pembelajaran yang berkenaan dengan keterampilan berbicara. Hal tersebut, menjadi pokok masalahdalam penelitian ini. Selanjutnya, melalui penelitin ini dapatdiuraikan mengenai siswa aktif dan terampil berbicara siswa kelas V di MI Baitul Hikmah Panaan Palengaan Pamekasan. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini untuk menjadikan siswa lebih aktif dan terampil berbicara ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pendekatan dan jenis Peneliitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subyek itu sendiri. Adapun jenis penelitian ini study kasus yaitu Jenis pendekatan studi kasus ini merupakan jenis pendekatan yang digunakan untuk menyelidiki dan memahami sebuah kejadian atau masalah yang telah terjadi dengan mengumpulkan berbagai macam informasi yang kemudian diolah untuk mendapatkan sebuah solusi agar masalah yang diungkap dapat terselesaikan. Hasil Penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa penerapan metode time token arrends ini sangat efektif, simple, karena dalam penerapan metode time token arrends ini tidak menggunakan alat serta media yang banyak sehingga tidak memerlukan biaya yang sangat banyak, serta dalam hasil penelitian ini, siswa dan guru merasa terbantu karena kegiatan belajar mengajar didalam kelas itu semua siswa aktif (pembelajaran hidup) dan siswapun merasa semakin tertantang dan lebih percaya diri untuk berani berbicara dengan terampil serta memberikan stimulus begi mereka untuk semakin giat belajar.
References
Aditya, Yusuf Dedy, Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Jurnal SAP Volume 01, No.02, 2016.
Agusta, Ivanovich, Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif, Bogor: Pusat Penelitian Sosial Ekonomi, Litbang Pertanian, 2003.
AT Mappiare Andi, Dasar-dasar Metodologi Riset Kualitatif Untuk Ilmu Sosial dan Profesi, Malang: Jenggala Pustaka Utama, 2009.
Basri Hasan, Paradigma Baru Sistem Pembelajaran, Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.
Departemen Pendidikan Nasional RI, Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003: Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Balai Pustaka, 2006.
Gunawan Imam, Metode Penelitian Kualitatif, Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Hamalik Oemar, Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2003.
Hidayat, Ara, and Machali Imam, Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah, Yogyakarta: Kaukaba, 2012.
Indah, Sari, Pengaruh Model pembelajaran Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2, Palembang: Uin Raden Fatah Palembang, 2018.
Indrawati, Setiawan Wawan, Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan, Sekongkang: PT Abadi, 2009.
Kunto Ari Suharsimi, Managemen Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Lexy J, Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya, 2012.
Muhib Busro Muhammad, SkripsiPenerapan Model Pembelajaran KooperatifTipe Time Token Arends Untuk Meningkatkan Keterampilan BerbicaraBahasa Prancis Siswa Kelas XI SMAN 1 Mertoyudan Magelan, IAIN Palopo: 2016.
Pribady Benny, Metode Pembelajaran ASSURE, Jakarta: Dian Rakyat, 2011.
Seina, Prancisca Monica, Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Whole Language Pada Pembelajaran Vahasa Indonesia Sd/Mi, Lampung: Uin Raden Intan Lampung, 2021.
Simarmata, Yuliastri Mai, Sulastri Saptiana, Pengaruh Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Debat Dalam Mata Kuliah Berbicara Dialektik pada Mahasiswa IKIP PGRI, Pontianak: Jurnal Pendidikan Bahasa, 2018.
Subana Sunarti, Strategi Belajar Mengajar Bahsa indonesia, Bandung: Pustaka Setia, 2004.
Sukmadinata Syaodih Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Sutikno, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Prospect, 2009.
Syifa S, Mukrimaa, 53 Metode Belajar Dan Pembelajaran,Bandung: Bumi Siliwangi, 2014.
Wahyuningrum Septri, Winarni Retno, Matsuri, Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token, Surakarta: Artikel (http://jurnal.ftkip.uns.ac.id,6243.), 2010.
Yurdi Leni, SkripsiPenerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar 132/Ix Desa Bukit Baling Kecamatan Sekernan, Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, 2018.
Copyright (c) 2023 Sholahuddin Al Ayyubi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.