PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V MELALUI METODE MIND MAPPING DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUS SALAM PALENGAAN LAOK PALENGAAN PAMEKASAN
Abstract
Ada tiga permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu bagaimana penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran fiqih kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Salam Palengaan Laok Palengaan Pamekasan? Bagaimana peningkatan hasil belajr siswa setelah penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran fiqih kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Salam Palengaan Laok Palengaan Pamekasan? Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Salam Palengaan Laok Palengaan Pamekasan? Penelitian ini termasuk jenis peneltian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah para ustadz/guru dan siswi Madrasah Ibtidaiyah Nurus Salam. Data di kumpulkan melalui wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif-kualitatif.
References
Agama, departemen, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2015.
Ali, Muhmmaad. Guru dan Murid dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Buzan, Tony. Buku Pintar Mind Map, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2006.
D, Swadarma. Mind Maping dalam Kurikulum Pembelajaran, Jakarta : Elek Media Komputindo, 2013.
De porter, Bobbi dan Hernacki, Quantum Learning: MembiasakanBelajarNyamandanMenyenangkan, bandung: Kaifa, 1999.
Dimyati dan Moedjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2013
Fauzi, Ahmad. Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2004.
Hasanah Ulfatun, wawancara(siswi kelas v), pamekasan: 19 mei 2022
Jansen, Eric dan Karen Markowitz, Otak Sejuta Gygabite,Buku Pintar Membangun Ingatan Super ,Bandung: Kaifa, 2002.
Jumantoro, Totok dan Samsul Munir Amin, Kamus Usul Fikih, Jakarta: Amzah, 2009.
Kunandar, Penilaian Aautentik, Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Maulana Hibban Moh , wawancara(siswa kelas v), pamekasan: 18 mei 2022
Moleong, Lexy j. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakaya, 2000
Nasiruddin, “Pendidikan Fiqih Berbasis Kompetensi” Jurnal Pendidikan Islami, Vol 14 no 1, 2005
Nasution, Harun, Islam Rasional, Gagasan Dan Pemikiran, Bandung :Nizan, 1995
Rizqillah, Mohammad Masykur, “Metodologi Pembelajaran Fiqih”, Jurnal Al-Makrifat, Vol 4, No 2 Oktober 2019.
Rosidianto, wawancara (guru mata pelajaran), pamekasan: 15 mei 2022
Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Sugiyono, metde penelitian kuantitatif,kualitatif, dan R &D, Bandung: Alfabeta, 2009
Summiati dan Asra, Metode Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2007.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia, 2016.
Widya, Evie Surya Putri, Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat, surabaya: Gramedia Pustaka Utama, 2013
Copyright (c) 2023 Fadilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.