PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH ‎KELAS V MELALUI METODE MIND MAPPING DI MADRASAH ‎IBTIDAIYAH NURUS SALAM PALENGAAN LAOK PALENGAAN ‎PAMEKASAN

  • Fadilah IAI Al-Khairat Pamekasan
Keywords: Metode Mind Mapping, Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Ada tiga permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu bagaimana penerapan metode mind mapping  pada mata pelajaran fiqih kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Salam Palengaan Laok Palengaan Pamekasan? Bagaimana peningkatan hasil belajr siswa setelah penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran fiqih kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Salam Palengaan Laok Palengaan Pamekasan? Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Salam Palengaan Laok Palengaan Pamekasan? Penelitian ini termasuk jenis peneltian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah para ustadz/guru dan siswi Madrasah Ibtidaiyah Nurus Salam. Data di kumpulkan melalui wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif-kualitatif.

References

Agama, departemen, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: CV Penerbit Diponegoro, ‎‎2015.‎

Ali, Muhmmaad. Guru dan Murid dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja ‎Rosdakarya, 2010.‎

Buzan, Tony. Buku Pintar Mind Map, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2006.‎

‎ D, Swadarma. Mind Maping dalam Kurikulum Pembelajaran, Jakarta : Elek Media ‎Komputindo, 2013.‎

‎ De porter, Bobbi dan Hernacki, Quantum Learning: ‎MembiasakanBelajarNyamandanMenyenangkan, bandung: Kaifa, 1999.‎

‎ Dimyati dan Moedjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2013‎

Fauzi, Ahmad. Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2004.‎

‎ Hasanah Ulfatun, wawancara(siswi kelas v), pamekasan: 19 mei 2022‎

Jansen, Eric dan Karen Markowitz, Otak Sejuta Gygabite,Buku Pintar Membangun ‎Ingatan Super ,Bandung: Kaifa, 2002.‎

‎ Jumantoro, Totok dan Samsul Munir Amin, Kamus Usul Fikih, Jakarta: Amzah, 2009.‎

‎ Kunandar, Penilaian Aautentik, Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan ‎Kurikulum 2013, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.‎

‎ Maulana Hibban Moh , wawancara(siswa kelas v), pamekasan: 18 mei 2022‎

Moleong, Lexy j. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakaya, 2000‎

Nasiruddin, “Pendidikan Fiqih Berbasis Kompetensi” Jurnal Pendidikan Islami, Vol 14 ‎no 1, 2005‎

Nasution, Harun, Islam Rasional, Gagasan Dan Pemikiran, Bandung :Nizan, 1995‎

Rizqillah, Mohammad Masykur, “Metodologi Pembelajaran Fiqih”, Jurnal Al-Makrifat, ‎Vol 4, No 2 Oktober 2019. ‎

Rosidianto, wawancara (guru mata pelajaran), pamekasan: 15 mei 2022‎

Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian, Jakarta: ‎Rajawali Pers, 2015.‎

‎ Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja ‎Rosdakarya, 2013. ‎

Sugiyono, metde penelitian kuantitatif,kualitatif, dan R &D, Bandung: Alfabeta, 2009‎

Summiati dan Asra, Metode Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2007.‎

Susanto, Ahmad. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: ‎Prenadamedia, 2016. ‎

Widya, Evie Surya Putri, Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan ‎Kemampuan Mengingat, surabaya: Gramedia Pustaka Utama, 2013‎

Published
2023-02-05
How to Cite
Fadilah. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH ‎KELAS V MELALUI METODE MIND MAPPING DI MADRASAH ‎IBTIDAIYAH NURUS SALAM PALENGAAN LAOK PALENGAAN ‎PAMEKASAN. ISLAMENTARY; Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 1-11. Retrieved from https://ejournal.alkhairat.ac.id/index.php/ISLAMENTARY/article/view/243