RANCANG BANGUN KONSUMSI MUSLIM DI ERA DIGITAL

  • NING PURNAMA SARIATI Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri
Keywords: Kata kunci: konsumsi, muslim, media

Abstract

Manusia merupakan makhluk social dan makhluk ekonomi. Seluruh kehidupan manusia tidak bisa dilakukan sendirian. Kegiatan ekonomi manusia salah satunya adalah konsumsi. Konsumsi yang tepat adalah konsumsi yang memiliki pertimbangan tentang pendapatan, kebutuhan dan dampak lainnya. Sebagai seorang muslim, seyogyanya memperhatikan pertimbangan tersebut dengan tetap berpegang teguh pada panduan Islam. Konsumen muslim yang baik memperhatikan konsumsinya berdasarkan petunjuk kehalalan. Baik dari segi pemilihan konsumsi, proses konsumsi maupun tujuan akhir konsumsi. Hal tersebut diperhatikan, karena tantangan umat Islam di era digital ini sangat besar. Perubahan model/ cara konsumsi konvensional sudah basi. Di era digital ini, perilaku konsumsi sedikit demi sedikit memancing individu tanpa sadar menjadi seorang konsumtif.

Published
2020-07-04