KONSTRUKSI MOTIVASI KERJA DALAM PENINGKATAN KINERJA PENGURUS DAN PARA AMIL PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) KABUPATEN PAMEKASAN

  • Khairul Jannah Alumni Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Konstruksi Motivasi Kerja, Kinerja, Pengurus dan Para Amil, Lembaga amil zakat, infaq, dan shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Pamekasan.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui “Untuk mendeskripsikan Konstruksi Motivasi Kerja dalam Peningkatan Kinerja Pengurus dan Para Amil Di Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Pamekasan”. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Dewan pengurus dan para amil (Karyawan) pada Lembaga amil zakat, infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Pamekasan yang diambil semua sebagai sasaran penelitian, dan selanjutnya penelitian ini disebut penelitian populasi dan atau penelitian sensus. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, Motivasi kerja muncul karena adanya proses refleksi terhadap nilai-nilai agama, yang selama ini menjadi pegangan dalam menjalankan proses pengelolaan kelembagaan, yang pada muaranya meningkatkan kinerja pengurus dan para amil pada Lembaga amil zakat infaq shadaqah (LAZISMU) Kabupaten Pamekasan; Kedua, Motivasi kerja muncul karena sistem dan mekanisme organisatoris di internal Lembaga amil zakat infaq shadaqah (LAZISMU) Kabupaten Pamekasan, yang memaksa pengurus dan para amil untuk selalu menunjukkan Kinerjanya; Ketiga, Motivasi untuk selalu meningkatkan kinerja pada diri pengurus dan para amil di Lembaga amil zakat infaq shadaqah (LAZISMU) Kabupaten Pamekasan terkonstruksi dengan adanya kesadaran mereka akan pentingnya berjuang, dan berdakwah.

Published
2020-07-04
How to Cite
Khairul Jannah. “KONSTRUKSI MOTIVASI KERJA DALAM PENINGKATAN KINERJA PENGURUS DAN PARA AMIL PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) KABUPATEN PAMEKASAN ”. Jurnal Investi Islam 1, no. 01 (July 4, 2020): 20-29. Accessed April 19, 2024. http://ejournal.alkhairat.ac.id/index.php/investi/article/view/17.
Section
Articles