PENGEMBANGAN PANDUAN PERMAINAN TRADISIONAL BENTENG UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SDN LAWANGAN DAYA PAMEKASAN

  • Ziyadul Haq Annajih, STAI Miftahul Ulum Pamekasan
  • Ishlakhatus Sa’idah IAIN Madura
Keywords: Pengembangan panduan, permainan tradisional banteng, kecerdasan emosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan permainan tradisional benteng sebagai media dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Pengembangan panduan permainan tradisional benteng sebagai media untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa, peneliti menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan R&D (research and development) Borg & Gall. Efektifitas produk panduan permainan benteng berdasarkan kesesuaian produk terhadap karakteristik pengguna, yaitusiswa kelas VI SD dan juga kesesuaian produk dengan indikator perkembangan kecerdasan emosional siswa.  Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan sebelum dan sesudah menggunakan panduan permainan tradisional benteng. Hasil uji keefektifan produk panduan permainan tradisional benteng adalah nilai t hitung > t tabel (4.827 > 2.160) sehingga penggunaan produk panduan permainan tradisional benteng efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-29
How to Cite
Ziyadul Haq Annajih, & Sa’idah, I. (2020). PENGEMBANGAN PANDUAN PERMAINAN TRADISIONAL BENTENG UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SDN LAWANGAN DAYA PAMEKASAN. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 1(2), 129-140. https://doi.org/10.32806/jkpi.v1i2.20