PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG MENETAP DAN YANG TIDAK MENETAP PADA SISWA SMA KELAS X DI PONDOK PESANTREN AL-ARIFIN SAMPANG
Abstract
Penelitian dengan taraf signifikansi 5% ditemukan bahwa t-hitung = 0,385 sedangkan t-tabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,000. Hal ini dapat diartikan bahwa t hitung < t tabel.Dengan demikian maka Ha ditolak dan Ho diterima, artinya tidak ada perbedaan antara prestasi belajar siswa yang menetap dan yang tidak menetap di pesantren Al-Arifin. Penelitian ini menggunakan motode kuantitatif, sebuah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivism, digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu.Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian dan analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perbedaan prestasi antara siswa yang menetap dan yang tidak menetap di pondok pesantren Al-Arifin. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran yang berpengaruh pada prestasi belajar.
References
Departemen Agama RI. 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah, Pertumbuhan dan Perkembangannya.Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya: Usaha Nasional.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Pangesti, Amalia. 2008. Analisis Perbedaan Prestasi Belajar Siswa MTs. PP. Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo antara yang Tinggal di dalam dan di luar Pondok Pesantren. Skripsi: UIN Malang.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeda.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2023 Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.