PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG MENETAP ‎DAN YANG TIDAK MENETAP PADA SISWA SMA KELAS X DI ‎PONDOK PESANTREN AL-ARIFIN SAMPANG

  • Uswatun Hasanah STAI Muafi Sampang
  • Haridah IAI Al-Khairat Pamekasan
Keywords: Prestasi Belajar, Siswa, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian dengan taraf signifikansi 5% ditemukan bahwa t-hitung = 0,385 sedangkan t-tabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,000. Hal ini dapat diartikan bahwa t hitung < t tabel.Dengan demikian maka Ha ditolak dan Ho diterima, artinya tidak ada perbedaan antara prestasi belajar siswa yang menetap dan yang tidak menetap di pesantren Al-Arifin. Penelitian ini menggunakan motode kuantitatif, sebuah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivism, digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu.Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian dan analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perbedaan prestasi antara siswa yang menetap dan yang tidak menetap di pondok pesantren Al-Arifin. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran yang berpengaruh pada prestasi belajar.

References

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT remaja Rosdakarya
Departemen Agama RI. 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah, Pertumbuhan ‎dan Perkembangannya.Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.‎
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya: Usaha ‎Nasional.‎
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.‎
Pangesti, Amalia. 2008. Analisis Perbedaan Prestasi Belajar Siswa MTs. PP. Al-‎Mawaddah Coper Jetis Ponorogo antara yang Tinggal di dalam dan di luar ‎Pondok Pesantren. Skripsi: UIN Malang.‎
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeda.‎
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka ‎Cipta.‎
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. ‎
Published
2023-02-13
How to Cite
Hasanah, U., & Haridah. (2023). PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG MENETAP ‎DAN YANG TIDAK MENETAP PADA SISWA SMA KELAS X DI ‎PONDOK PESANTREN AL-ARIFIN SAMPANG. ISLAMENTARY; Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 27-37. Retrieved from http://ejournal.alkhairat.ac.id/index.php/ISLAMENTARY/article/view/252
Section
Articles